--> Magnet Dapat Menghapus Data Dari Harddisk ? | EkoDoc

Blog Tentang Berita, Tips Trik, K-pop, Agama Kristen

Thursday 5 September 2013

Magnet Dapat Menghapus Data Dari Harddisk ?

| Thursday 5 September 2013
EkoDoc- Pernahkah Anda mendengar anggapan bahwa dengan mendekatkan magnet ke sebuah perangkat penyimpanan data portable dapat menghapus data di dalamnya? Ternyata hal itu tidak benar. Banyak beredar baik di forum sampai di dunia nyata mengenai anggapan serta informasi yang katakan bahwa dengan magnet berbahaya untuk perangkat penyimpanan data portable seperti flash drive (flashdisk), HDD portable, SD card, floppy disk (disket)atau juga HDD yang terdapat di sebuah laptop atau PC.

Apabila magnet didekatkan ke perangkat penyimpanan data portable, maka akan dapat menghapus data-data di dalamnya. Namun, beberapa peneliti mengungkapkan fakta berbeda. Dari penelitian tersebut, seperti yang dituliskan di PC World (22/08/2010) dan Huffington Post (09/01/2012), menyatakan hasil yang berbeda.

Dalam pengujian serta berdasarkan dari penjelasan dari beberapa pakar yang berkecimpung dalam hal yang sama seperti Linda M Schiro, VP Sales dari VS Security Product Ltd atau juga Renne Schafer, Director od Sales and Marketing dari Data Security Inc, menjelaskan bahwa dibutuhkan magnet yang memiliki tenaga benar-benar kuat untuk dapat menghapus data di dalam sebuah perangkat penyimpanan data.

Sekarang ini, banyak perusahaan pembuat kartu memori sampai dengan HDD yang sudah melengkapi produk mereka dengan lempengan kuat sebagai penahan goncangan, benturan dan segala sesuatu yang dapat merusak baik hardware atau apapun di dalamnya. Memang ada kemungkinan data di dalam sebuah perangkat penyimpanan data portable akan corrupt atau rusak ketika berdekatan dengan sebuah magnet (yang miliki daya tarik yang amat sangat kuat), namun tidak sampai menghapus data tersebut.

Namun pertanyaannya, untuk apa menyimpan atau memiliki sebuah magnet dengan kekuatan yang sangat kuat? Mayoritas magnet yang dimiliki atau dipunyai orang-orang awam hanya memiliki daya menarik yang lemah dan dengan daya sebesar itu tidak ada kemungkinan untuk dapat menghapus data di dalamnya.

"Kemungkinan terbesar hanyalah data-data tersebut akan sulit untuk dibaca namun tidak dapat terhapus," jelas Schiro.

Bahkan, data-data tersebut juga masih dapat diselamatkan atau berfungsi secara normal kembali setelah dilakukan beberapa proses penyelamatan, dengan menggunakan software atau cara lainnya. Jadi mitos magnet dapat menghapus data di dalam sebuah perangkat penyimpan portable dapat dikatakan tidak sepenuhnya benar.

Sumber: merdeka.com

Related Posts

No comments:

Post a Comment