Cara Mengkawinkan Ayam Bangkok Yang Baik Dan Benar

09.59.00
EkoDoc- Tips Cara Mengawinkan Induk Ayam Bangkok Aduan Yang Baik Dan Benar  Dan Menghasilkan Indukan Yang Juara. Berikut adalah tips cara mengawinkan induk ayam bangkok yang siap kawin dan untuk menghasilkan telur yang baik juga hasil yang baik pula.

Induk ayam bangkok bisa dikawinkan dengan dua cara:
Cara pertama, Induk jantan dan induk betina dilepaskan dalam kandang 4m x 6m.dengan perbandingan satu pejantan untuk empat okor betina.

Cara kedua, dikenal dengan cara dog-dogan yaitu induk betina dipegang dengan posisi ekor menghadap kedepan kemudian disodorkan keinduk jantan,induk jantan yang baik akan langsung mengawini induk betina. Jika pakan ayam terpenuhi induk betina akan bertelur selama kurang lebih 14 hari setelah kawin dan selama masa bertelur sampai selesai, induk betina dikawinkan setiap hari supaya semua telur terbuahi dengan baik oleh induk jantan.


Selama masa kawin sampai selesai masa bertelur induk betina sebaiknya diberikan vitamin secara rutin sekali dua hari yaitu multi vitamin (SUPRAVIT) dan tablet calk (tablet calcium untuk membantu pertumbuhan pada anak-anak).

Tablet calk ini diberikan sekali 4 hari ditambah dengan pemberian minyak ikan sebutirsetiap hari.Disamping itu diberikan juga gilingan kulit kerang yang dicampurkan kedalam makanannya,ingat!... untuk 1 sendok makan gilingan kulit kerang dicampurkan kedalam makanan untuk 10 ekor induk betina.

Gilingan kulit kerang ini diberikan sekali 4 hari selama masa bertelor,pemberian yang berlebihan bisa mengakibatkan perdarahan pada anus ayam. Semua itu diberikan untuk mendapatkan bibit unggul atau untuk memperbaiki kualitas telor agar kita nantinya mendapatkan ayam aduan yang benar-benar tangguh.

Share this :

Previous
Next Post »

close
close