Cara MeMonitor Suhu Komputer dengan SpeedFan

14.40.00
Eh ketemu lagi gan terima kasih juga atas kunjungannya selama ini di EkoDoc sekarang saya akan berbagi tips dan trik lagi gan semoga bermanfaat gan. Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang paling sering digunakan sebagian besar orang saat ini. Karena itu, penting bagi kamu untuk memastikan komputer bekerja secara optimal agar tahan lama. Salah satu hal penting yang perlu kamu perhatikan dalam perawatan komputer adalah temperatur komputer, karena panas yang berlebihan bisa merusak komputer.









SpeedFan adalah software untuk memeriksa suhu komputer yang dirancang untuk memudahkan kamu mengetahui hingga detail suhu masing-masing komponen komputer.

Sebelumnya, Jalan Tikus sudah pernah menulis Review SpeedFan dan saat ini SpeedFan sudah merilis versi 4.49. Salah satu hal yang menarik dari SpeedFan adalah kesederhanaannya. Meski terus diupdate secara rutin, namun tampilan SpeedFan tidak jauh berbeda dari versi sebelumnya.

Installer SpeedFan dirancang semudah mungkin dan tentunya tidak disertai aplikasi-aplikasi tambahan seperti browser toolbar atau aplikasi lainnya yang tidak diinginkan penggunanya.

Dalam penggunaannya, SpeedFan akan menampilkan berbagai angka yang menunjukkan status berbagai komponen komputer kamu. SpeedFan memiliki 6 tab yang berisi berbagai informasi dan penjelasan yang dapat dengan mudah kamu mengerti.

Exotics SpeedFan

Fitur ini masih dalam tahap beta dan hanya menyediakan sebuah tombol bertuliskan "Show the magic". Tab Exotics menampilkan informasi suhu sama seperti pada tab Reading, ditambah dengan informasi rating hard-drive S.M.A.R.T(HD0 and HD1), penggunaan setiap CPU dan system uptime.

S.M.A.R.T

Pada tab S.M.A.R.T, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai hard drive kamu, karena SpeedFan menyediakan lebih dari informasi suhu saja. Kamu bisa mengetahui informasi tahun pembuatan, model atau firmware hard drive, ditambah dengan informasi kondisi hard drive tersebut.

Berbagai metric yang ditampilkan menggunakan nama yang cukup aneh dan tidak ada penjelasan lengkap mengenai masing-masing metric, sehingga jika kamu penasaran apa artinya, kamu harus mulai Googling dan mencari informasi tersebut.

Charts

Tab Charts menampilkan grafik yang menunjukkan berbagai informasi suhu komputer kamu. Sayangnya, fitur ini tidak disertai export data, misalnya ke CSV atau XLS agar kamu bisa menyimpan datanya secara langsung.

Kesimpulan
SpeedFan adalah software dengan tampilan sederhana yang sangat berguna bagi kamu untuk mengetahui informasi suhu komponen komputer. Software semacam ini kamu perlukan misalnya ketika kamu merasa komputer kamu bermasalah, sehingga bisa kamu ketahui apakah masalahnya berhubungan dengan suhu komputer yang bermasalah.

Sumber Tulisan: Jalantikus.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close