Spesies Baru Dinosaurus

08.45.00
Peneliti berhasil menemukan fosil dari bayi dinosaurus yang merujuk pada spesies baru Coelurosaur. Fosil yang diberi nama Aorun Zhaoi ditemukan di Formasi Shingshugou, wilayah terpencil di Xinjiang.

Menurut para ilmuwan di Univeritas George Washington (GW) Aorun hidup lebih dari 161 juta tahun yang lalu. Seorang ahli biologi di GW, James Clark, serta tim mahasiswa dan doktor Yunus Choiniere menemukan fosil ini di Formasi Shishugou, wilayah terpencil Xinjiang pada 2006. Aorun merupakan Coelurosaur keempat yang ditemukan pada di formasi tersebut.

Dengan ukuran tengkorak yang ditemukan, peneliti memprediksi bahwa dinosaurus ini berumur kurang dari satu tahun saat meninggal. Ia juga diperkirakan memiliki tinggi satu meter dan berat 1,3kg. Demikian dikutip dari Huffingtonpost, Senin (6/5/2013).

Lebih lanjut peneliti memaparkan, bila bayi dinosaurus ini tumbuh menjadi dewasa, ia akan memiliki tinggi lima meter setara dengan Monolophosaurus, dinosaurus yang masuk dalam keluarga Theropoda  atau ia memiliki tinggi tubuh 7,6 meter, seperti Sinraptor. Aorun kemungkinkan memakan daging, memangsa kadal, hewan mamalia, dan buaya.

"Kami terkejut menemukan tengkorak terkubur dalam batuan," ucap Clark.

"Kami mampi melihat rincian turang Aorun dan menunjukkan bahwa hewan ini berusia muda, kurang dari satu tahun," tegas Choiniere.

Sumber: okezone.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close