Duet Mozilla dan Samsung dalam Mesin Web Browser

15.53.00

Melalui blog resminya yang ditulis pada hari Rabu (3/4/2013) lalu, Mozilla mengumumkan bentuk kerja sama baru antara Mozilla Foundation dengan Samsung. Kerja sama ini terkait dengan pengembangan suatu mesin penjelajah Web (web browser engine) generasi mendatang. Salah satu alasan utama pengembangan ini adalah agar nantinya dibangun suatu mesin penjelajah dan render yang mampu secara optimal berjalan pada konfigurasi komputasi yang lebih modern, seperti prosesor multi core, dan arsitektur komputasi yang lebih komplek.
Mesin web browser yang dikembangkan bersama tersebut diberi nama dengan Servo. Servo dibangun menggunakan bahasa Rust, yaitu bahasa pemrograman yang telah dikembangkan oleh Mozilla untuk dapat secara optimal berjalan di lingkungan komputasi paralel. Servo saat ini secara khusus dikembangkan untuk dapat berjalan di Android dan prosesor ARM.

Saat ini kode program dari Servo telah tersedia di github, jika Anda tertarik untuk mencoba atau ingin ikut berkontribusi dalam proyek ini, silahkan berkunjung ke github servo.

Terkait dengan bahasa pemrograman Rust, Mozilla memublikasikan kepada publik sejak tahun 2010 dengan perancang model bahasanya adalah Graydon Hoare. Bahasa ini dapat dikatakan merupakan bahasa yang sifatnya masih percobaan. Mozilla berharap akhir tahun 2013 Rust dapat digunakan oleh publik sebagai final release. Rust dirancang untuk dapat digunakan dalam pengembangan aplikasi client/server dalam skala yang besar. Dengan model ini, tidak heran jika Mozilla menaruh harapan besar pada Rust untuk dapat menghasilkan suatu mesin web browser yang lebih mapan berjalan pada konfigurasi yang semakin komplek.

Share this :

Previous
Next Post »

close
close