EverEdit saingannya Notepad

14.56.00
Notepad adalah aplikasi sederhana namun cukup populer di kalangan pengguna Windows. Namun Notepad memiliki banyak kekurangan terutama ketika digunakan untuk melakukan modifikasi file-file html dan php sehingga banyak pengguna beralih ke Notepad++ yang jauh lebih lengkap. Notepad++ sendiri menurut saya masih dalam kategori aplikasi menengah-berat, terutama apabila dibandingkan dengan Notepad yang notabene adalah aplikasi ber-genre ringan dan ringkas. Sebagai pembanding yang cukup adil, saya akan coba mengulas sebuah aplikasi gratis bernama EverEdit yang mempunyai fungsi hampir serupa dengan Notepad++, tetapi ber-genre aplikasi kecil apalagi portable seringan Notepad.

Fitur-Fitur EverEdit

Tampilan Luas dilengkapi Directory View

Aplikasi ini mempunyai banyak sekali kelebihan dibandingkan Notepad yang terlihat sangat polos. Pada EverEdit Anda dapat menemukan tab Directory View sehingga pengguna dapat dengan mudah melakukan penelusuran folder komputer, ditambah lagi dengan fitur drap drop untuk proses pemindahan file yang lebih cepat. Interface aplikasi ini jauh lebih luas dan lebih baik ketimbang Notepad. Dengan satu jendela yang aktif, Anda dapat membuka lebih dari 1 file baik dengan format html, php atau txt.
Everedit
Directory VIew

Fitur Preference Selengkap Notepad++

Meskipun EverEdit merupakan aplikasi editor sekelas Notepad namun fitur yang dimiliki benar-benar menyerupai Notepad++ atau bahkan mungkin jauh lebih lengkap, silahkan coba dan berikan feeback dari pengalaman Anda setelah menggunakan aplikasi ini. Pada menu Preference terdapat banyak sekali penyesuaian yang mendukung proses modifikasi coding yang tidak dimiliki notepad standar.
Preference
Preferences

Web Preview

Aplikasi EverEdit juga dilengkapi kemampuan untuk menampilkan preview web yang sedang Anda kerjakan, fitur ini juga tidak dimiliki oleh Notepad. Dengan fitur ini Anda dapat menghemat waktu tanpa harus menyimpan terlebih dahulu dalam format html kemudian membuka file dengan browser seperti ketika Anda menggunakan Notepad.
Web Preview
Web Preview

Fitur Hex Editor

Sering terlibat dengan file biner? Nah, Anda dapat membuka dan melakukan modifikasi file biner dengan aplikasi EverEdit ini karena di dalamnya telah disematkan Hex Editor sederhana namun cukup membantu.
Hex Editor
Hex Editor
Auto Complete
Guna membantu pengguna menghemat waktu, developer EverEdit menyematkan fitur auto complete sehingga Anda tidak perlu melakukan pengetikan hingga akhir karakter karena aplikasi akan memberikan pilihan karakter yang paling mendekati. Fitur ini akan mempersingkat waktu kerja Anda, sekali lagi, ini tidak akan Anda temukan di Notepad.
Autocomplete
Auto Complete

Penutup

Sebagai aplikasi portable, EverEdit jelas mempunyai kemampuan yang tidak bisa dianggap remeh terlebih dari beberapa fitur yang kita bahas di atas jauh melebihi kemampuan Notepad. So, siap untuk melupakan Notepad dan beralih ke EverEdit? Mengapa tidak!

Sumber: Bisa Komputer

Share this :

Previous
Next Post »

close
close