Penjelasan Ilmiah Mengapa Tidak Seharusnya Mengecas HP Semalaman

15.09.00

Mengecas HP di malam hari mungkin tampak seperti waktu yang paling logis. Namun, tahukah bahwa melakukan hal ini sebenarnya dapat berdampak negatif pada masa pakai baterai perangkat dari waktu ke waktu, mengapa begitu? Menurut USA Today yang dilansir dari laman IFLScience, Jumat (12/5), pembuat Android Huawei menentang perilaku pengguna mengisi daya HP semalaman. "Jangan biarkan ponsel Anda terhubung ke pengisi daya untuk waktu yang lama atau semalaman," kata mereka. Mereka merekomendasikan menjaga baterai HP antara 30 dan 70 persen adalah cara terbaik untuk memperpanjang masa pakai baterai. Saat ini banyak HP menawarkan opsi untuk melihat sisa baterai sebagai persentase dalam pengaturan.


Sebagaimana diketahui, sebagian besar ponsel cerdas ditenagai oleh baterai lithium-ion dan ini akan selalu menurun seiring waktu. Tidak peduli bagaimana cara mengisi daya ponselnya Teknisnya, baterai lithium-ion ini berfungsi dengan menggeser pembawa muatan di antara elektroda dan menekan bagian penyusunnya yang merusak efisiensinya dari waktu ke waktu. Di sisi lain juga, sebisa mungkin menghindari membiarkan baterai bekerja hingga 0 persen. Penggunaan yang seperti ini juga akan merusak masa pakai baterai. Mengisi daya perangkat dalam semalam juga dapat menjadi masalah kesehatan dan keselamatan jika tidak berhati-hati.


"Ini karena pengisian daya biasanya disertai dengan peningkatan suhu, dan jika terjadi kesalahan, permukaan yang mudah terbakar dapat dengan cepat menjadi berbahaya," kata mereka.


Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close