11 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Kolesterol Usai Menyantap Daging Kambing

09.55.00
Pada saat perayaan hari raya Iduladha, konsumsi daging merah baik kambing atau sapi pada masyarakat Indonesia meningkat. Walau konsumsi daging merah ini juga bisa menyehatkan tubuh, namun seseorang tetap harus memperhatikan efek buruk yang dapat muncul. Sejumlah penelitian dan World Health Organization (WHO) telah mengklasifikasi daging merah sebagai karsinogenik bagi manusia. Selain itu diketahui bahwa ada hubungan kanker pankreas dan kanker prostat serta dengan kanker usus besar.

Cara yang harus diperhatikan untuk mengurangi dampak buruk daging merah ini adalah memilih cara masak yang benar-benar tepat. Selain itu, pola konsumsi dari daging merah ini juga harus diperhatikan. Hal lain yang juga identik dengan konsumsi daging merah adalah munculnya kolesterol tinggi. Untuk menangani masalah ini, sejumlah tindakan bisa kita lakukan untuk menurunkan kadar kolesterol.

Terdapat sejumlah makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi pada tubuh seseorang. Dikumpulkan dari berbagai sumber, berikut 11 makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Oatmeal
Oatmeal merupakan salah satu jenis makanan yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Oatmeal mengandung beta-glucan, zat dalam gandum yang mampu menyerap LDL (kolesterol jahat) dan kemudian mengeluarkannya dari tubuh.

Alpukat
Alpukat dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik) dan juga menurunkan kadar LDL (kolesterol jahat). Buah ini mengandung beta-sitosterol yang dapat mengurangi jumlah kolesterol yang diserap dari makanan.

Bawang Putih
Terdapat sejumlah manfaat dari bawang putih, mulai dari membantu menurunkan kolesterol, mencegah pembekuan darah, menurunkan tekanan darah, dan melindungi tubuh dari infeksi. Bawang putih juga mencegah partikel kolesterol menempel di dinding arteri.

Apel
Apel adalah sumber serat larut yang disebut pektin, yang dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol jahat). Penelitian juga menunjukkan bahwa makan satu buah apel atau lebih sehari dapat memperlambat oksidasi LDL. Hal itu karena adanya kandungan polifenol yang ditemukan terutama pada kulit apel.

Teh Hijau
Teh hijau memberikan tubuh kita perasaan hangat, santai, dan juga kaya dengan kandungan antioksidan. Penelitian juga menunjukkan bahwa minum teh hijau memiliki dampak yang signifikan terhadap penurunan kolesterol jahat dalam tubuh.

Kedelai
Kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon. Senyawa ini diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, kedelai juga dapat membantu jantung mengurangi jumlah lemak jenuh dari makanan yang kamu konsumsi.

Minyak Zaitun
Minyak zaitun memiliki banyak manfaat bagi tubuh termasuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Minyak ini berisi asam lemak tak jenuh tunggal yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh tanpa menurunkan kadar kolesterol baik.

Jus Jeruk
Konsumsi dua gelas jus jeruk merupakan salah satu solusi dalam mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Jus jeruk bisa membantu menormalkan kolesterol serta membuat aliran darah selalu sehat.

Roti Gandum
Roti Gandung bisa menjadi salah satu cara lezat turunkan kolesterol dalam tubuh. Kandungan gandum dari roti ini dapat meningkatkan kadar HDL serta menurunkan jenis lemak darah yang disebut dengan trigliserida saat meningkat.

Makanan Berserat
Penelitian sebelumnya telah menjelaskan bahwa makanan yang tinggi serat mampu mengurangi kolesterol dalam tubuh secara efektif. Kandungan serat ini dapat larut ke dalam darah sehingga dapat mengurangi kolesterol jahat pada tubuh hingga sebanyak 24 persen.

Madu
Manisnya madu ternyata juga dapat meluruhkan kolesterol pada tubuh. Madu yang dikonsumsi ini akan menyerang homocysteine, sejenis asam amino yang diketahui mampu meningkatkan risiko penyakit pembuluh darah perifer dan penyakit jantung.
Sejumlah makanan tersebut dapat menjadi pilihanmu untuk kamu konsumsi pada saat Iduladha untuk mengurangi kolesterol berlebih. Jangan tinggalkan sejumlah makanan tersebut demi kesehatan tubuhmu yang lebih optimal.

Sumber: merdeka.com


Share this :

Previous
Next Post »

close
close