Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Selasa, 07 Juni 2016

Potret Pendidikan Saat ini, Ketika Murid Tak Hormati Guru

Pendidikan bertujuan memanusiakan manusia. Pendidikan lazimnya memberikan implikasi terhadap karakter siswa menjadi lebih baik, santun dan terdidik. Namun berbeda dengan sikap siswi dalam gambar yang beredar di Facebook. Guru yang bertugas mendidik, mengajar dan mengayomi nampak tak diseganinya. Dengan seragam baju putih dipadu rok biru sependek lutut siswa itu menembakkan dasi kepada gurunya.
Dia juga nampak mengancam gurunya dengan tangan terkepal. Tidak hanya itu, siswi berseragam SMP ini juga memunggungi gurunya seraya memberikan bokong. Salah satu akun facebook Felicia Sihotang menulis di dindingnya. Felicia mengecam perbuatan siswi yang tidak santun pada gurunya.


"Kalau dulu jaman saya sekolah paling takut sama guru lho, setiap ketemu slalu segan menyapa siang pak, pagi bu. Aduuhhh kalau zaman sekarang yang serba gadget, kalau ada murid yang seperti ini, speechless and no comment deh. Sebagai guru sudah mengajar, mendidik, tapi dilecehkan murid seperti gambar ini, ampun deh dunia pendidikan kita." Sementara akun Forum Merah Putih menilai sikap siswi itu sangat tidak bermoral. "Murid tidak bermoral, inilah efek kalau pelajaran pendidikan moral di sekolah dihilangkan. Yang merasakan efeknya adalah guru yang mengajar murid-murid seperti ini bukan pemerintah atau Kementerian Pendidikan. Kira-kira hukuman apa yang wajar diberikan untuk murid spt ini? Adakah yang teriak HAM membela sang guru yang dilecehkan muridnya ini?." "Contoh seorang murid enggak bagus banget enggak punya sopan santun," tulis akun Aling Rita.

10 komentar:

  1. parah bener dah anak jaman sekarang

    BalasHapus
  2. akibat pergaulan bebas, jadi begini.

    BalasHapus
  3. anak skarang menmprihatinkan ...sedih

    BalasHapus
  4. Anak jaman ke jaman memang memprihatinkan guru bukannya dihormati malah dilecehkan seperti ini

    BalasHapus
  5. Itu beritanya darimana mas?
    Ga ada sumber.

    Memang hal itu jadi kajian dalam dunia pendidikan makanya kurikulum ajaran baru akan digantikan dengan kurikulum 2013 revisi 2016. Selain itu juga, PKn (Pendidikan Kewarganegaraan) khususnya akan ganti menjadi PPKn atau PMP (Pendidikan Moral Pancasila).

    Karena kurikulum pendidikan sebelumnya sedikit mengajarkan etika dan moral itulah sebabnya terjadi perilaku tersebut.

    Saya sendiri sebagai guru PKn di SMK, sangat miris saat itu terjadi.

    BalasHapus
  6. ini udah laama ya gan, waduh perempuan pula kayak gitu huuft miris liatnya

    BalasHapus
  7. Berhenti SALAHKAN PENDIDIK dan GURU agar GENERASI KITA MENJADI GENERASI EMAS sesuai Cita cita Bangsa

    BalasHapus
  8. Benar si efek gadget, tapi saya tidak menyalahkan gadget karena sayapun pakai. Tapi orang2 yang terlalu ndeso untuk sebuah gadget, apa-apa selfie foto. Ini ni, padahal ane anak desa tapi gak segtunya dengan gadget.

    BalasHapus
  9. Benar si efek gadget, tapi saya tidak menyalahkan gadget karena sayapun pakai. Tapi orang2 yang terlalu ndeso untuk sebuah gadget, apa-apa selfie foto. Ini ni, padahal ane anak desa tapi gak segtunya dengan gadget.

    BalasHapus