Kenapa Kepala Jadi Pusing Saat Lihat Pola Bergaris ?

13.49.00
Setiap minggu, merdeka.com membuka layanan tanya jawab seputar masalah kesehatan. Dalam proyek ini, kami bekerja sama dengan tim dokter dari meetdoctor.com yang akan memberi jawaban atas pertanyaan yang disampaikan oleh pembaca. Berikut adalah salah satu pertanyaan yang sudah sampai di redaksi merdeka.com.

Pertanyaan
Apakah penyebab kepala pusing saat melihat deretan pola bergaris?

Jawaban
Mekanisme melihat adalah saat gambar suatu benda jatuh pada kornea lalu diteruskan ke lensa mata. Lensa berperan agar bayangan benda jatuh tepat di retina. Bayangan yang berada di retina diteruskan ke saraf mata dan selanjutnya dihantarkan ke otak untuk diterjemahkan.

Kadangkala saat melihat sesuatu, otot pada mata dipaksa untuk bekerja lebih keras agar gambar yang diterima dapat terlihat tetap jelas. Untuk dapat melihat dengan lebih jelas, otot yang mengatur lensa mata yang berperan agar bayangan benda jatuh tepat di retina. Hal inilah yang menyebabkan otot menjadi teregang sehingga menimbulkan keluhan mata lelah, pandangan tidak jelas, dan sakit kepala. Hal ini dapat disebabkan oleh:

    Miopia atau rabun jauh
    Presbiopi atau rabun dekat
    Astigmatisme

Keluhan di atas dapat diatasi dengan penggunaan kacamata yang tepat.

Share this :

Previous
Next Post »

4 komentar

  1. pantes saya sering pusing klo liat bergaris'

    BalasHapus
  2. Kalau itu mungkin karena terlalu fokus lihatnya sehingga akan menyebabkan pusing pada saat melihatnya.

    BalasHapus
  3. Ternyata rabun juga bisa jadi penyebabnya ya... :g .

    BalasHapus

close
close