Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Jumat, 14 Agustus 2015

6 Kondisi ini Bikin Orang Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil bisa menjadi gejala dari penyakit tertentu. Namun hal itu tidak selalu menjadi tanda dari masalah kesehatan yang serius. Sebab, beberapa orang yang memiliki sindrom kandung kemih yang terlalu aktif biasanya susah menahan hasrat untuk kencing. Nah, berikut adalah enam kondisi yang bisa membuat Anda sering buang air kecil, seperti dilansir webmd.com.

1. Diabetes

Sering buang air kecil merupakan gejala awal dari diabetes tipe 1 dan tipe 2. Hal itu terjadi karena tubuh mencoba untuk membersihkan diri dari glukosa yang tidak digunakan melalui urine.

2. Kehamilan

Di minggu awal kehamilan, rahim akan tumbuh dan menekan kandung kemih. Kondisi itu menyebabkan ibu hamil sering buang air kecil.

3. Masalah prostat

Prostat yang membesar dapat menekan uretra (tabung yang membawa urine keluar tubuh) dan menghalangi aliran urine. Kondisi ini menyebabkan dinding kandung kemih lebih mudah kontraksi dan membuat pria lebih sering buang air kecil.

4. Interstitial cystitis

Kondisi ini belum diketahui penyebabnya, namun biasanya ditandai dengan rasa sakit di kandung kemih dan daerah panggul. Seringkali, gejala dari interstitial cystitis termasuk keinginan buang air kecil yang sangat mendesak.

5. Stroke atau penyakit neurologis lainnya

Kerusakan saraf yang memasok kandung kemih dapat menyebabkan masalah dengan fungsi kandung kemih, termasuk keinginan buang air kecil yang sangat mendesak.

6. Penggunaan obat diuretik

Obat yang memiliki sifat diuretik, yang biasa digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi atau mengeluarkan penumpukan cairan di ginjal, dapat membuat Anda sering buang air kecil.

Penyebab lain dari sering buang air kecil adalah kanker kandung kemih, disfungsi kandung kemih, dan terapi radiasi. Bila Anda merasa tidak nyaman dengan kondisi itu, segera pergi ke dokter untuk memeriksakannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar