Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Rabu, 04 Maret 2015

Sering Ngemil di Malam Hari Bikin Otak Bodoh ?

Kabar buruk bagi Anda yang suka ngemil di malam hari. Ngemil di malam hari ternyata tak hanya buruk untuk lingkar perut dan berat badan, melainkan juga berimbas pada kesehatan dan kemampuan otak. Sebuah penelitian mengungkap bahwa ngemil di malam hari bisa menurunkan kemampuan otak dan daya ingat. Peneliti menemukan bahwa makan di waktu yang salah, yaitu di malam hari, ketika tubuh seharusnya tidur bisa berimbas buruk pada kemampuan kognitif dan daya ingat. Penelitian juga menunjukkan bahwa ini tak hanya terjadi pada orang yang ngemil di malam hari, melainkan juga orang yang bekerja shift malam.

"Kita berpikir bahwa kita bisa mengubah jam tubuh dengan makan kapan saja dan bekerja kapan saja. Padahal tak bisa begitu," ungkap Christopher Colwell dari University of California, seperti dilansir oleh Health Me Up (25/02).

Penelitian ini dilakukan pada tikus, namun peneliti berpendapat bahwa hasil umumnya juga berlaku pada manusia. Tubuh manusia memiliki jam sirkadian selama 24 jam. Gangguan pada jam sirkadian ini dengan makan di waktu yang tak tepat bisa berimbas buruk untuk otak dan juga memicu berbagai masalah kesehatan seperti diabetes tipe-2 dan masalah kekebalan tubuh.

Ini juga berimbas pada fungsi kognitif, terutama pada kemampuan belajar dan daya ingat. Bagi Anda yang suka makan dan ngemil di malam hari, sebaiknya mulai hentikan kebiasaan ini. Selain buruk untuk kesehatan, ngemil di malam hari juga bisa memicu obesitas.

Sumber: merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar