Matikan Komputer Dengan Tombol 'on/off,' Apakah Aman ?

10.52.00
Apakah Anda takut mematikan laptop atau komputer langsung dengan memencet tombol power? Jika iya, Anda tidak sendirian. Karena di luar sana banyak yang khawatir bila komputer mereka akan rusak bila melakukan hal tersebut.

Lalu, apakah anggapan itu benar?
Jawabannya adalah salah! Komputer dan laptop yang ada saat ini sudah sangat cerdas dan didesain agar dapat mati dengan 'hati-hati'.
Ya, saat Anda menekan tombol power atau on/off maka komputer akan mengirim perintah pada sistem operasi untuk mematikan semua kegiatan yang ada sebelum akhirnya benar-benar mati. Dengan begitu hardware dan software komputer tidak akan terkena dampak negatif atau kerusakan.
Komputer modern mempunyai sebuah teknologi yang bernama ACPI (Advanced Configuration and Power Interface) yang bisa membuatnya aman saat dimatikan menggunakan tombol power. ACPI sendiri juga berperan dalam fitursleep atau hibernasi komputer.
Di kasus lain, jika Anda mempunyai komputer tua yang berumur di atas 10 tahun atau yang dijual dengan sistem operasi Windows 95 atau Windows 98, sebaiknya Anda menghindari cara mematikan komputer dengan tombol power. Sebab, komputer tua akan secara otomatis memutus arus listrik ke seluruh hardware jika Anda tombol power ditekan.
Hal tersebut tentunya dapat merusak komputer, termasuk hard disk yang dipaksa untuk berhenti secara tiba-tiba.
Nah, hal yang harus dihindari oleh pengguna adalah mematikan komputer yang sedang hang dengan menekan tombol on/off. Saat komputer hang, maka sinyal ACPI yang dikirimkan ke Windows kemungkinan besar juga akan terkendala. Sehingga hang komputer akan semakin parah.
Untuk menyelesaikan masalah tersebut, banyak user yang menekan tombol on/off beberapa detik untuk mematikan komputer secara paksa. Cara ini memang sering membuahkan hasil, namun perlu diketahui bila metode 'ekstrem' ini bisa membuat data-data penting Anda yang belum tersimpan hilang.

Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

10 komentar

  1. Wah padahal kalo saya matikan selalu kayak gitu gan, ane pencet tombol off gitu :(
    Semoga siih gakpapa, tapi enggak lagi lagi deh

    BalasHapus
  2. Ternyata memang sudah sangat cerdas komputer sekarang ini haha. :D Baru tau saya kalo ternyata aman

    BalasHapus
  3. bener juga pasti komputer sekarang dah di rancang sedemikian rupa

    BalasHapus

close
close