Tentang Blog

LightBlog

Breaking

Selasa, 11 November 2014

Cara Mudah untuk Connect USB Modem Ke Tablet Android

Cara Supaya USB Modem terdeteksi android
Saya akan berbagi bagaimana agar modem USB yang anda punya bisa berfungsi di android tablet PC anda. Pada umumnya modem yang dipasarkan sudah plug and play ketika di attach ke PC anda karena dalam modem USB tersebut terdapat 3 device yaitu : Modem, Virtual CD Rom dan Card Reader. Dalam hal ini tentu tidak bermasalah ketika anda mencolokan modem tersebut dalam PC anda, karena ke 3 fungsi device tersebut akan berjalan secara otomatis menginstall software dan driver modem tersebut ke dalam PC anda secara otomatis.

Sedangkan dalam Tablet PC yang berbasis android tidak akan berfungsi seperti pada PC, karena Pada tablet PC yang berbasis Android hanya akan membaca fungsi modem saja untuk melakukan koneksi ke internet. Di bawah ini akan saya berikan totorial bagaimana menghilangkan fungsi Virtual drive dan card reader, sehingga hanya Modem saja yang bisa terbaca oleh Android Tablet PC, sehingga anda bisa melakukan surfing menggunakan Android tablet PC yang belum dilengkapi modem didalamnya.

Anda memrlukan PC untuk mengubah konfigurasi standar modem yang anda punya sehingga berfungsi pada Tablet PC yang Berbasis OS Android.

1. Colokan Modem anda pada PC, Pastikan modem tersebut terdeteksi oleh komputer anda, periksa pada My Computer akan keluar drive tambahan.
2. Setelah terdeteksi coba anda sambungkan ke internet, sehingga bisa tersambung dengan sempurna.
3. Putuskan sambungan internet anda, matikan semua program yang berhubungan dengan koneksi.
4. Run Hyper Terminal program, anda dapat menemukan program ini di : Start> Programs> Accessories> Communications> Hyper Terminal.
5. Pada " Connection Deescription" ketikan merk modem yang anda punya misal "Huawei" (yang saya pakai disini merk modem dari Huawei), kemudian tunggu pada bar di bawah sampai keluar tulisan "connect"
6. Pada menu bar di "Connection Description" pilih "connect using" pilih modem yang terdeteksi misal " HUAWEI Mobile Connect - 3G Modem" kemudian klik OK
7. Dan akan keluar setting koneksi dengan meminta masukan no dial dan parameter lain, anda bisa cancel proses tersebut.
8. Kenmudian pada Toolbar program, ikuti langkah berikut : "Properties" à Akan terbuka properties window à pada modem "pilih tab" Setting à Click "ASCIISetup" à cecklist "Show input characters on the screen." kemudian klik OK. Tutup program setting kemudian klik "OK" ketika program sudah tertutup pada main program Hyper Terminal anda akan mendapatkan kursor yang berkedip
9. Nyalakan CapsLocks ada pada keyboardm kemudian ketikan perintah AT, kemudian enter, anda akan menrima kata OK pada program tersebut, ini menandakan ada sudah bisa merubah konfigurasi standar modem anda.
10.   Ketik perintah di bawah ini untuk meubah konfigurasi modem anda dengan perintah :

    AT ^ U2DIAG = 0 (device-only modem)
    AT ^ U2DIAG = 1 (the device as a modem + CD-ROM)
    AT ^ U2DIAG = 255 (the device as a modem + CD-ROM + Card Reader)
    AT ^ U2DIAG = 256 (the device as a modem + Card Reader).
    Untuk setting Modem pada Android tablet, USB modem anda hanya berfungsi sebagai modem ketikan perintah : AT ^ U2DIAG = 0, kemudian  press ENTER, dan anda akam melihat status OK. à Tutup Hyper Terminal dengan memilih kata "Yes"

Untuk mengembalikan fungsi di atas anda dapat memulai cara2 di atas dari awal.
Diambil dari salah satu blog teman.semoga bermanfaat.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar