SMRC: Prabowo Terasing dari Pendukungnya

20.21.00
Sikap Prabowo Subianto dan elite pendukungnya yang menolak hasil Pilpres 2014 tidak mencerminkan sikap para pendukungnya. Hal tersebut ditunjukkan dari hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang menyatakan 69,4 persen responden puas atas pelaksanaan Pilpres 2014.

Dalam survei bertajuk 'Kinerja Demokrasi dan Pilpres 2014: Evaluasi Pemilih Nasional' tersebut, 77,9 persen pemilih nasional menilai pilpres yang baru dilaksanakan itu berlangsung dengan bebas dan jujur. Hanya 10,9 persen yang menilai bebas dan jujur tapi dengan banyak masalah, sementara 2,3 persen yang menilai tidak bebas dan tidak jujur sama sekali.

"Prabowo dan elite pendukungnya terasing dari massa pendukungnya, sebab rakyat Indonesia merasa puas dengan pelaksanaan demokrasi di negeri ini," ujar Direktur Riset SMRC Djayadi Hanan di Jakarta, Minggu (10/8).

Menurut dia, pemilih Prabowo pada umumnya menilai bahwa Pilpres 2014 berlangsung sangat bebas dan jujur. Ini mengindikasikan bahwa sikap Prabowo dan elite pendukungnya yang menolak hasil KPU bukan sikap umum dari masa pendukung para capres.

"Prabowo yang menilai pilpres 2014 seperti di negara totalitarian atau fasis atau Komunis di mana kebebasan dan kejujuran politik tidak ada, kesepemahaman dengan 2,3 persen warga itu," kata dia.

Di samping itu, kata Djayadi, suara rakyat pasca-pilpres menunjukkan kecenderungan lebih optimis tentang Indonesia. Rakyat menilai arah perjalanan Indonesia secara umum menuju ke arah yang benar (71,6 persen). Rakyat juga menilai sekarang kehidupan politik (68,3 persen), penegakan hukum (64,3 persen), dan kondisi keamanan (84,8 persen), lebih baik dari sebelumnya.

"Ini semua merupakan modal sosial-politik yang mencerminkan sikap positif atas pelaksanaan dan hasil Pilpres yang lalu untuk Indonesia lebih kuat ke depan," pungkas dia.

Survei SMRC dilaksanakan pada 21 Juli - 26 Juli 2014, menggunakan populasi secara random (multistage random sampling) 1220 responden untuk memenuhi margin of error +/- 2,9 persen. Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1041 atau 8,5 persen dan sebanyak 1041 responden yang dianalisis.

Margin of error rata-rata dari survei dengan ukuran sample tersebut sebesar 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka.

Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close