Pria Jepang Dinobatkan Jadi Manusia Tertua Sejagat

20.21.00
Sakari Momoi, pria Jepang lahir sebulan sebelum Wright Bersaudara menerbangkan pesawat buat pertama kali, akhirnya diakui sebagai manusia tertua sejagat dengan usia 111 tahun. Momoi, mantan kepala sekolah menengah atas itu, lahir pada 5 Februari 1903. Dia akhirnya menerima sertifikat dari Guinness World Records sebagai pengakuan menjadi manusia tertua, seperti dilansir situs Asia One, Rabu (20/8).

Dengan pakaian jas, berkaus putih dan dasi warna perak, Momoi menerima sertifikat pengakuan itu di sebuah rumah jompo di Ibu KOta Tokyo, Jepang.

"Saya ingin hidup sekitar dua tahun lagi," kata dia dengan suara perlahan.

Momoi berhasil menjadi manusia terkolot setelah warga Amerika Alexander Imich yang lahir sehari lebih dulu, meninggal Juni lalu.

Penobatan itu berarti Jepang memiliki pasangan manusia tertua sejagat. Perempuan bernama Misao Okawa dari Osaka menjadi wanita tertua dengan usia 116 tahun.

Meski indera pendengarannya sudah lemah namun kondisi kesehatan Momoi masih baik. Menurut media lokal, dia suka membaca buku dan menonton pertandingan sumo di televisi.

Momoi dilahirkan di Minamisoma, Fukushima, kawasan yang terkena dampak paling parah dari gempa 9.0 skala Richter yang menimbulkan tsunami pada 2011.

Jepang selama ini dikenal sebagai negara dengan banyak penduduknya berusia panjang. Sekitar 25 persen rakyat Jepang berusia 65 tahun atau lebih.

Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close