Manfaatkan VPN Untuk Akses Situs Terblokir

13.03.00
Akhir akhir ini beberapa provider internet di Indonesia sudah menerapkan Transparent Proxy, dimana suatu mekanisme yang membuat semua request DNS (request yang mengubah alamat website atau domain menjadi IP) mengarah ke DNS milik provider internet. Akibatnya pun, beberapa website yang terdeteksi dan dianggap sebagai website kurang sehat akan diblokir secara otomatis. Padahal kenyataanya, tidak semua website tersebut mengandung konten negatif. Misalnya saja vimeo.com ataupun beberapa situs yang lainnya.


Namun disisi lain, sebenarnya akses bisa dilakukan dengan melakukan bypass proxy yang dibahas pada tutorial kali ini.  Langkah ini cukup mudah, Anda bisa mengawali dengan membuka browser anda dan akses pada website http://www.vpngate.net/en/. Sehingga Anda bisa masuk pada laman utama dari website tersebut. Dari beberapa menu yang ada pilih VPN Server list, sehingga pada bagian bawah Anda akan melihat tabel yang terdiri dari negara, DNS,Jenis VPN , jumlah Ping serta beberapa mode dari VPN yang bisa digunakan. Disini penulis lebih menganjurkan untuk menggunakan tipe L2TP/IPsec karena tidak membutuhkan program pihak ketiga yang harus diinstall ketika menggunakannya.

Konfigurasi

Pada saat pertama kali menggunakan VPN, Anda harus lah melakukan beberapa konfigurasi pada network sistem operasi yang digunakan. Kali ini Penulis menggunakan sistem operasi Windows 8, sehingga untuk melakukan konfigurasi klik pada tombol network yang berada pojok kanan bawah desktop Anda.

Bypass proxy - BisaKomputer
Pada langkah ini, akan muncul windows dari pengaturan network. pilih pada “Set up a new connection or network” pada window.

Bypass Proxy - BisaKomputer
Pilih “Connect to a workplace” pada pop up window selanjutnya. hal ini dikarenakan Anda akan melakukan konfigurasi VPN.


Bypass Proxy - BisaKomputer
Selanjutnya, akan terdapat 2 pilihan dimana Anda diharuskan untuk memilih koneksi yang akan Anda gunakan. Pada tutorial kali ini pilih “No, create a new connection“, sehingga Anda akan diteruskan pada menu setelahnya. Jika Anda memilih yes, tentunya Anda akan terhubung dengan koneksi yang sebelumnya telah ada pada perangkat.


BypassProxy - BisaKomputer
“How do you want to connect?” dan akan ada 2 pilihan kali ini. “Use my internet connection (VPN)” merupakan pilihan yang harus Anda pilih. Pilihan ke – 2 merupakan cara untuk terhubung pada VPN tanpa internet (menggunakan LAN)


BypassProxy - BisaKomputer
Pada window berikutnya, Anda harus memasukan VPN yang akan digunakan. Dapatkan nama VPN ini dari laman yang sebelumnya telah Anda akses. Nama dari VPN haruslah spesifik. karena jika tidak, Anda tentunya tidak akan bisa melakukan koneksi pada internet. Pada tutorial kali ini, Penulis tidak melakukan centang keseluruhan dari pilihan checkbox yang diberikan.
BypassProxy - BisaKomputer


Jika Anda berhasil, akan terdapat pilihan baru pada network yang Anda gunakan. Dan ketika anda akan melakukan koneksi, isikan “vpn” pada kolom  username dan password yang diminta.

Bypass proxy - BisaKomputer
Cukup mudah bukan? sebenarnya banyak cara untuk melakukan by pass proxy dan ini merupakan salah satu dari sekian banyak tersebut. Mungkin Anda menggunakan cara yang lain? silahkan berbagi pada kolom komentar.

Share this :

Previous
Next Post »

close
close