5 Cara Untuk Jadikan Rambut Kasar Berkilau Dalam Waktu Singkat

12.35.00
Rambut merupakan mahkota bagi setiap wanita. Pengaruhnya sangat besar untuk mengubah penampilan seseorang. Karena itulah kesehatan dan keindahannya perlu dijaga. Bagi sebagian orang perawatan rambut adalah hal mudah, tetapi bagi sebagian orang lagi perawatan rambut adalah hal yang sangat merepotkan. Apalagi jika Anda memiliki rambut kering, kasar, kusam, keriting, atau bahkan rapuh. Rambut seperti ini merupakan jenis yang paling sulit ditangani.

Tetapi jangan khawatir dulu. Ada banyak cara yang bisa Anda manfaatkan untuk menaklukkan rambut kasar dan kering dalam waktu singkat. Berikut ini kami tampilkan tipsnya yang dikutip dari Mag For Women.

1. Gunakan minyak jojoba
Rambut yang kering dan kasar bisa jadi disebabkan karena kurangnya produksi sebum di akar rambut. Sebum berfungsi untuk mempertahankan kelembapan di kulit kepala. Jika produksinya tidak cukup maka kulit kepala akan kekurangan nutrisi dan jika kulit kepala kekurangan nutrisi batang rambut pun akan menjadi tidak sehat.

Sebum yang terlalu sedikit ini bisa digantikan dengan minyak jojoba. Ambil dua sendok teh minyak jojoba yang sudah dihangatkan. Oleskan pada tangan dan pijat ke kulit kepala Anda. Minyak jojoba akan bekerja melalui akar hingga ke ujung rambut. Bungkus rambut Anda dengan handuk hangat dan biarkan selama sekitar 20 menit.

2. Deep conditioning
Deep conditioning adalah cara terbaik untuk merawat rambut yang kasar. Dengan menutrisi rambut dan kulit kepala secara mendalam, rambut yang tadinya kering dan kasar akan menjadi lembut dan berkilau. Anda bisa mencoba teknik deep conditioning ini dengan menggunakan alpukat.

Haluskan daging buah alpukat, kocok dalam kuning telur dan dua sendok minyak zaitun. Gunakan pasta ini untuk memijat kulit kepala. Gunakan shower selama satu jam sebelum dibilas hingga bersih.

3. Jangan gunakan terlalu banyak shampo
Keramas memang penting untuk menjaga rambut Anda agar tetap bersih, tetapi keramas terlalu sering justru dapat menyebabkan kerusakan pada rambut. Shampo mengandung bahan kimia yang jika terlalu sering digunakan akan menghilangkan kelembapan dan minyak alami pada batang rambut dan kulit kepala.

Untuk mengatasi hal ini cucilah rambut maksimal 2 hari sekali. Atau Anda bisa mencoba shampo lembut dengan pH antara 4,5 dan 6,7. Shampo dengan pH seimbang akan menjaga keseimbangan pH rambut Anda, sehingga rambut tidak akan kering dan kasar.

4. Ubah pola makan
Tak hanya nutrisi dari luar, rambut Anda juga perlu dirawat dari dalam. Caranya adalah dengan mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Perbanyak konsumsi sayuran hijau, buah-buahan, dan protein agar kebutuhan nutrisi rambut terpenuhi. Dengan begitu rambut akan jadi sehat dan berkilau. Perbanyak pula konsumsi air untuk mengembalikan kelembapan sel serta hindari alkohol, kafein, dan rokok.

5. Gunakan kondisioner tanpa bilas
Setiap kali keluar rumah, jangan lupa untuk memakai kondisioner leave-on di rambut Anda. Kondisioner ini bisa melindungi rambut dari pengaruh buruk sinar matahari dan polusi serta merawat rambut Anda sepanjang hari. Jika menginginkan produk kondisioner yang alami, Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis minyak tumbuhan sebagai kondisioner, misalnya minyak urang-aring, minyak kemiri, minyak kelapa, atau minyak zaitun.

Itulah 5 tips yang bisa Anda coba untuk mengubah rambut kering dan kasar Anda menjadi halus dan berkilau. Selamat mencoba.

Share this :

Previous
Next Post »

close
close