Terlalu Lama Duduk Di Depan Komputer Bikin Tulang Cepat Rapuh

15.15.00
Saat ini komputer adalah salah satu hal yang menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, terutama bagi remaja dan anak muda. Meski begitu, ada baiknya agar para remaja tak terlalu lama menghabiskan waktu mereka di depan layar televisi atau komputer. Pasalnya penelitian terbaru mengungkap bahwa menghabiskan terlalu banyak waktu untuk duduk di depan komputer dan televisi bisa membuat tulang lebih cepat rapuh. Penelitian dari Norwegia ini dilakukan pada 484 remaja laki-laki dan 463 remaja perempuan berusia 15 sampai 18 tahun. Mereka melakukan tes untuk melihat kepadatan tulang pada partisipan. Para partisipan juga ditanya mengenai kegiatan mereka selama akhir pekan dan aktivitas fisik yang mereka lakukan.

Diketahui bahwa remaja laki-laki menghabiskan lebih banyak waktu mereka di depan komputer atau peneliti dibandingkan dengan remaja wanita. Semakin lama remaja pria menghabiskan waktu mereka di depan komputer, semakin rendah pula kepadatan mineral dalam tulang mereka. "Kepadatan mineral pada tulang adalah faktor yang paling efektif untuk memprediksi risiko terjadinya patah tulang di masa depan. Penelitian kami menunjukkan bahwa remaja laki-laki yang menghabiskan banyak waktu mereka di depan televisi atau komputer lebih berisiko mengalami kerapuhan tulang di masa depan," ungkap ketua peneliti Dr Anne Winther dari Arctic University of Norway, seperti dilansir oleh Daily Mail (04/03).

Meski begitu, penelitian ini juga menunjukkan bahwa efek terlalu lama duduk di depan komputer dan televisi lebih rendah pada remaja perempuan dan lebih berimbas pada remaja laki-laki. Remaja perempuan yang menghabiskan banyak waktu di depan televisi dan komputer masih memiliki risiko yang lebih rendah terkena kerapuhan tulang dibanding remaja laki-laki. Sementara penelitian ini mengungkap adanya kaitan antara jumlah waktu yang dihabiskan di depan komputer dengan kepadatan tulang, namun peneliti menekankan bahwa tak ada hubungan sebab-akibat antar keduanya. Namun setidaknya penelitian ini bisa membuat remaja lebih waspada terhadap kebiasaan dan kesehatan tulang mereka.

Jangan terlalu banyak menghabiskan waktu di depan komputer, terutama dalam masa pertumbuhan ketika masih anak-anak dan remaja. Lakukan aktivitas fisik yang cukup setiap hari, tak hanya untuk mencegah obesitas melainkan juga untuk kesehatan tulang dan kebugaran.

Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close