Pewarna Pada Minuman Soda Bisa Sebabkan Kanker

12.29.00
Semua orang tahu bahwa mengonsumsi terlalu banyak minuman bersoda tak baik untuk kesehatan. salah satunya disebabkan oleh kadar gula yang tinggi dan zat kimia yang ada di dalamnya. Namun sebuah penelitian mengungkap satu lagi alasan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi minuman soda. Peneliti menemukan bahwa zat kimia yang digunakan sebagai pewarna pada minuman soda juga berkemungkinan menjadi zat karsinogen yang bisa menyebabkan kanker, seperti dilansir oleh CNN (23/01)..

Warna cokelat keemasan yang ada dalam minuman soda diketahui berasal dari zat kimia 4-methylimidazole atau 4-Mel. Pada label produk, pewarna tersebut ditulis sebagai "pewarna karamel." World Health organization's International Agency for Research on Cancer adalah salah satu pihak yang menyatakan bahwa pewarna pada minuman soda tersebut ditengarai bisa menyebabkan kanker. Dr Urvashi Rangan, seorang ahli racun pada makanan menjelaskan bahwa 4-Mel ditemukan pada banyak minuman soda dari berbagai merek.

Hasil ini ditemukan peneliti setelah mengamati banyak merek minuman di Amerika Serikat. Meski hasil ini ditemukan peneliti pada produk di Amerika serikat, namun tak ada salahnya untuk waspada terhadap minuman soda. Jangan mengonsumsi terlalu banyak minuman soda tanpa diimbangi dengan mengonsumsi makanan yang menyehatkan.

Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close