Di Purwokerto, Gempa Bikin Pohon Bergoyang-Goyang

15.17.00
Gempa yang terasa di selatan Jawa Tengah pada Sabtu siang (25/1) membuat warga yang berada di daerah Purwokerto dan sekitarnya panik dan berhamburan keluar rumah. Kondisi tersebut terlihat sepanjang pinggir jalan yang berada di Jalan HR Boenyamin dan Jalan Raya Baturraden. Seorang warga Pabuaran, Wahyu (34) mengatakan gempanya cukup kuat dan sempat membuat pohon bergoyang sendiri. "Tadi gempanya cukup kuat dan banyak warga yang berhamburan lari keluar rumah. Tadi pohon juga terlihat goyang," ujarnya, Sabtu (25/1).

Selain di Purwokerto, gempa juga terasa hingga Tasikmalaya Jawa Barat dan Cilacap Jawa Tengah. Dari informasi yang disampaikan melalui broadcast BlackBerry Messenger, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan gempa terjadi di 104 kilometer barat daya Kebumen Jawa Tengah dengan kekuatan gempa mencapai 6,5 skala richter (SR). "Pusat gempa berada di Samudera Hindia dengan kedalaman 48 kilometer, gempa dirasakan kuat di sepanjang Pantai Cilacap, Kebumen, hingga Purworejo," jelasnya.

Sementara itu dari Kebumen, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen, Muhyidin mengatakan hingga saat ini masih menunggu laporan adanya kerusakan dari tiap kecamatan. Ia mengemukakan gempa yang dirasakan cukup kuat. "Gempa dirasakan sekitar dua menitan," jelasnya saat dihubungi melalui telepon seluler. Selain itu, Dia juga mengimbau kepada warga agar tidak panik dan tetap tenang.

Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close