--> Ketahui 12 jenis penyakit jantung ! | EkoDoc

Blog Tentang Berita, Tips Trik, K-pop, Agama Kristen

Wednesday 16 October 2013

Ketahui 12 jenis penyakit jantung !

| Wednesday 16 October 2013
Banyak orang yang langsung panik begitu mendengar kata serangan jantung. Bayangan seram akan penyakit ini langsung menghantui. Namun banyak yang tidak mengetahui bahwa serangan jantung adalah hasil akhir dari berbagai jenis penyakit jantung atau dengan kata lain serangan jantung adalah komplikasi dari penyakit jantung. Seperti dilansir dari boldsky.com, serangan jantung mengganggu sistem kardiovaskular yang ada pada jantung dan pembuluh darah yang memasok darah ke jantung. Berbagai jenis penyakit jantung berhubungan dengan penyumbatan pembuluh darah yang berakhir pada peningkatan tekanan pada jantung. Selain itu penyakit jantung juga dapat disebabkan oleh masalah otot. Misalnya, jika otot-otot jantung lemah maka mereka tidak mampu memompa darah ke otak. Namun ada pula penyakit jantung yang disebabkan oleh keturunan. Oleh karena itu sebelum panik mendengar kata serangan jantung, maka ada baiknya Anda mengenal jenis serangan jantung.



 1. Arteri koroner
Ini adalah penyakit jantung yang paling umum terjadi pada banyak orang yang terkena penyakit jantung. Penyakit jantung arteri koroner terjadi dimana dinding arteri menebal akibat akumulasi lemak yang menumpuk. Hal ini akan memotong aliran darah yang menuju jantung dan mengakibatkan tekanan darah meningkat.

2. Trachycardia
Pada dasarnya trachycardia adalah istilah medis untuk menjelaskan tentang peningkatan denyut jantung. Peningkatan denyut jantung ini dapat disebabkan karena merokok, minum minuman beralkohol, dan stres.

3. Penyakit otot jantung
Terkadang otot jantung dapat melemah. Apabila otot jantung melemah maka mereka tidak dapat memompa darah yang dibutuhkan oleh tubuh.

4. Penyakit katup jantung
Seperti diketahui jantung memiliki 4 katup. Jika salah satu atau lebih dari satu katup jantung tidak bekerja dengan baik, maka dapat menyebabkan stroke jantung atau yang biasa disebut dengan angina.

5. Bradycardia
Bradycardia merupakan istilah medis dimana denyut jantung melambat.Hal ini terjadi ketika otot-otot jantung lelah. Alat pacu jantung dapat membantu untuk memulihkan denyut jantung.

6. Penyumbatan
 Penyumbatan dapat terjadi saat lemak dalam darah terakumulasi sehingga menutup salah satu arteri utama jantung. Penyumbatan dapat menyebabkan serangan jantung. Penyumbatan ini dapat ditolong dengan angiplasti atau operasi jantung terbuka.

7. Gagal jantung
Gagal jantung terjadi ketika jantung tidak dapat memompa darah sehingga seakan-akan berhenti bekerja. Gagal jantung terjadi saat tubuh mengalami shock atau terdapat gangguan paru-paru.

8. Penyakit jantung bawaan
Penyakit jantung juga dapat terjadi karena cacat bawaan sejak lahir. Bayi yang dilahirkan dengan lubang di hati atau hati yang lemah maka rentan akan penyakit jantung.

9. Gangguan serebrovaskular
Ketika ada hambatan dalam sirkulasi darah dari jantung ke otak, maka kondisi inilah yang disebut serebrovaskular. Jenis penyakit jantung ini sangat berbahaya karena dapat menyebabkan stroke di otak besar.

10. Angina
Angina adalah istilah medis untuk menggambarkan rasa sakit dan sesak di sekitar dada yang terjadi saat dada tidak mendapatkan asupan oksigen yang cukup. Angina dapat menyebabkan penyumbatan kecil di arteri jantung atau koroner.

11. Penyakit rematik jantung
Penyakit ini disebabkan oleh infeksi bakteri yang terjadi di sendi dan katup jantung. satu-satunya jalan untuk menyembuhkan penyakit ini adalah dengan bantuan operasi.

12. Atherosclerosis
Pada dasarnya atherosclerosis adalah pengerasan arteri yang ada di dalam jantung. Pengerasan ini terjadi karena endapan lemak atau racun. Wabah penyakit juga bisa menyebabkan penyakit ini terjadi. Atherosclerosis dapat meningkatkan tekanan darah di jantung dan juga stroke jantung.

Jantung adalah organ yang sangat vital bagi tubuh. Jaga kesehatan jantung agar Anda terhindar dari penyakit berbahaya di atas.

Sumber: merdeka.com


Related Posts

2 comments:

  1. Kak Eko klo penyakit Jantung Lemah, gitu gimna? pa operasi/terapi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. share aja di google ada kan caranya, hhe :))

      Delete