10 Cara Manusia Menghancurkan Kesehatannya Sendiri

14.58.00
Menjaga kesehatan sebenarnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Sayangnya, banyak manusia yang justru lebih suka untuk menghancurkan kesehatannya. Lantas hal apa saja yang dilakukan manusia untuk menghancurkan kesehatannya? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Live Science berikut ini.

1. Makan junk food
Semakin lama, semakin besar angka kasus obesitas dan meninggal akibat penyakit jantung. Penyebab dari kedua hal tersebut adalah kebiasaan makan junk food yang sulit untuk dihentikan. Padahal sudah banyak penelitian yang menyebutkan kalau konsumsi junk food berlebihan bisa menghancurkan kesehatan.

2. Merokok
Sepertinya peringatan 'Merokok dapat menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin' dalam kemasan rokok selalu diabaikan oleh kebanyakan orang. Buktinya, masih banyak yang sulit menghentikan kebiasaan merokok meski tahu risikonya buruk bagi kesehatan.

3. Menonton televisi
Kebiasaan ini memang menyenangkan dan menghibur. Setiap orang juga tidak perlu bergerak ke mana-mana. Tetapi justru di situ cara manusia menghancurkan kesehatannya. Menurut berbagai penelitian, menonton televisi terlalu lama bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit, termasuk serangan jantung dan diabetes tipe 2.

4. Stres
Saat stres, kelenjar dalam tubuh dipaksa untuk bekerja lebih keras dan akhirnya menghambat fungsi sistem imun. Sehingga tubuh lebih rentan terkena penyakit. Jika hal tersebut tidak ingin terjadi, jangan terlalu berat memikirkan sesuatu yang sebenarnya sepele.

5. Minum alkohol
Sebenarnya, mengonsumsi wine memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Penelitian pun sudah membuktikannya. Namun jika alkohol dikonsumsi berlebihan, risiko kerusakan hati, diabetes, dan penyakit jantung justru akan meningkat. Kesehatan pelan-pelan hancur akibat kebiasaan minum alkohol.

6. Mengendarai mobil
Mengendarai mobil dengan benar, seperti memakai sabuk pengaman, mematuhi rambu-rambu, dan tidak ngebut, pada dasarnya tidak membahayakan kesehatan. Namun jika berkendara sambil makan, menelepon, mengirim SMS, atau ngebut, manusia sama saja meningkatkan risiko meninggal akibat kecelakaan.

7. Bercinta
Bercinta memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Sayang jika dilakukan berlebihan, terutama bergonta-ganti pasangan, ada banyak risiko penyakit menular seksual yang mengancam. Termasuk di antaranya HIV/AIDS yang sampai sekarang belum ditemukan obatnya.

8. Malas
Selain tubuh, kesehatan otak juga perlu dijaga. Namun karena malas belajar atau sekadar membaca, manusia sama saja dengan menghancurkan kesehatannya. Padahal menjaga kesehatan otak sama sekali tidak sulit. Beberapa aktivitas untuk melatih kesehatan otak yang bisa dilakukan adalah bermain sudoku, teka-teki silang, sampai bermain video games.

9. Mengabaikan dokter
Ketika menunjukkan gejala penyakit tertentu, banyak orang percaya bahwa mereka bisa sembuh tanpa perlu pergi ke dokter atau minum obat. Padahal keputusan tersebut sebenarnya salah. Mengabaikan dokter hanya akan membuat kondisi kesehatan terancam memburuk tanpa tahu sebab yang sebenarnya.

10. Begadang
Kurang tidur atau tidak memenuhi kebutuhan tidur selama 7-8 jam sehari dikaitkan dengan berbagai macam risiko penyakit, termasuk obesitas, diabetes, dan kanker. Meskipun demikian, banyak orang tetap gemar begadang dan terjaga sepanjang malam hanya demi aktivitas yang tak berarti.

Itulah sepuluh kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan tubuh kita

sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close