--> 13 Tips Ampuh Melindungi Mac Anda | EkoDoc

Blog Tentang Berita, Tips Trik, K-pop, Agama Kristen

Wednesday 4 September 2013

13 Tips Ampuh Melindungi Mac Anda

| Wednesday 4 September 2013
EkoDoc- Ada yang bilang sistem operasi keluaran Apple Inc adalah salah satu yang paling aman dari serbuan malware dan virus. Mungkin benar, mungkin juga tidak. Yang pasti, dengan semakin populernya produk Apple belakangan ini, semakin banyak pula pembuat virus yang tergiur membobol sistem keamanan produk Apple. Kalau sudah begitu, masihkah Mac bisa disebut sebagai sistem operasi yang aman? Untuk berjaga-jaga, tidak ada salahnya Anda mencoba saran yang diberikan Tecca berikut ini.

1. Matikan Java
Ada lebih dari 700.000 Mac terinfeksi Flashback Trojan. Semua Mac yang terinfeksi trojan ini menggunakan add on Java yang telah kadaluwarsa. Karena update software pada Mac adalah proses yang harus dilakukan secara manual, akan ada jeda cukup lama sampai Apple melepas update terbaru dari tool seperti Java. Cara termudah menghindari masalah ini adalah dengan mematikan Java dari browser Safari (Security > Preference). Anda juga bisa mematikan fungsi Java secara keseluruhan dari Application > Utilities dan buang centang pada Java yang ada di tab General.

2. Pastikan Mac Anda up-to-date
Apple selalu melepas update sistem operasi mereka secara regular, termasuk aplikasi pihak ketiga. Manfaatkan fasilitas ini sebaik mungkin, kalau bisa lakukan update sekali dalam satu minggu. Untuk melakukan update, klik ikon Apple di pojok kiri atas layar dan pilih Software update.

3. Pilih password yang sulit ditebak
Password yang bagus sekurangnya terdiri dari delapan karakter dan terdiri dari kombinasi huruf dan angka. Jangan lupa menggunakan huruf kapital di beberapa bagian untuk mempersulit kemungkinan password Anda ditebak orang. Jangan menggunakan password yang sama untuk semua akun. Setidaknya, kalau satu password sudah dibobol hacker, akun Anda yang lain masih aman.

4. Jangan pernah menggunakan login otomatis
Sebagus apa pun password, tidak akan ada gunanya kalau Anda menggunakan fitur login otomatis. Memang sedikit merepotkan tetapi dengan begitu Mac Anda benar-benar terlindungi dari tangan-tangan jahil.

5. Gunakan password manager
Kalau Anda tak mau direpotkan oleh "ritual" memasukkan password berkali-kali, gunakan saja password manager seperti LastPass atau Keychain.

6. Aktifkan firewall
Mac OS X sudah dilengkapi dengan fitur firewall yang akan menghadang pengguna atau program asing yang berusaha mengakses komputer Anda dari jarak jauh. Pastikan firewall dalam keadaan aktif atau semua fitur keamanan tidak akan berfungsi dengan baik.

7. Matikan fungsi Open safe files
Jangan pernah menganggap beberapa jenis file seperti mp3, jpg, atau pdf tidak bisa dijadikan sarang virus. Matikan fungsi untuk membuka file dengan ekstensi tertentu yang selama ini dianggap aman. Untuk mengubah setting ini, masuk ke Safari Preferences > General dan buang centang pada Open safe files. Ingat, jangan klik link dalam email atau membuka attachment file yang mencurigakan.

8. Matikan fungsi sharing bila tak diperlukan
Dalam kasus tertentu, fungsi sharing via bluetooth dan Airport memang tak bisa dihindarkan namun Anda harus ingat untuk mematikan fungsi ini saat sudah tak lagi memerlukannya. Membiarkannya tetap aktif sama artinya membiarkan komputer Anda dalam keadaan terbuka.

9. Jangan mengunduh file dari sumber yang belum jelas
Software bajakan memang sangat menggoda. Anda bisa mendapatkan aplikasi tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Di saat yang sama, Anda juga harus ingat kalau distribusi virus dan malware sering kali menggunakan cara ini. Jangan pernah mengunduh aplikasi atau file apa pun dari sumber yang tidak bisa dipercaya. Lebih baik Anda download langsung dari sumber aslinya.

10. Enkripsi hard disk Anda dengan FileVault
Kalau Anda menggunakan sistem operasi OS X Lion atau yang lebih baru, Anda bisa menggunakan fitur FileVault 2. FileVault bisa digunakan untuk mengenkripsi seluruh isi hard disk Anda dengan mudah. Tanpa ada password, tidak ada yang bisa mengakses data Anda.

11. Update juga Adobe Reader Anda
Menggunakan Java versi terakhir memang wajib, kecuali kalau Anda mematikan fitur ini. Jangan lupa juga untuk mengunduh versi terbaru Adobe Reader. Versi Windows Adobe Reader adalah favorit para hacker dan bukan tak mungkin pula versi Mac OS dari aplikasi ini bakal jadi sasaran hacker juga.

12. Instal antivirusFlashback Trojan membuktikan kalau sistem operasi Apple tidak kebal. Kalau sebelumnya, Anda termasuk orang yang mengabaikan aplikasi antivirus seperti ClamXav, Virus Barrier, Sophos, dan Kaspersky; mungkin sudah saatnya Anda mengakrabi software semacam ini.

13. Gunakan akal sehat.
Virus dan malware biasanya memanfaatkan celah keamanan pada software atau menggoda pengguna komputer untuk membantu mereka "melakukan tugasnya". Yang lebih buruk lagi adalah kombinasi dari keduanya. Kalau Anda sudah siap tempur dengan berbagai sistem keamanan, kini saatnya untuk menggunakan akal sehat dan pengetahuan agar Anda tak terjebak tipu daya para hacker.

Jadi, dari 13 tips yang sempat dimuat di USA Today ini, mana yang belum Anda lakukan?

Sumber: merdeka.com

Related Posts

No comments:

Post a Comment