Membuat Efek Teks Bertekstur Letter Press Dengan Photoshop

16.41.00
Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial efek teks bertekstur yang di tekan seperti menggunakan mesin press, namun tentunya kita tidak akan menggunakan mesin press sungguhan, melainkan menggunakan Adobe Photoshop. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini, software ini memang terkenal dengan fiturnya yang lengkap dalam dunia grafis. Baik, kali ini kita akan memanfaatkan sedikit fitur dari software tersebut untuk membuat efek yang mengesankan.
Pertama, buka program Adobe Photoshop Anda kemudian klik File > New maka akan muncul tampilan seperti gambar, buat dokumen dengan ukuran 640 X 480 px dan resolusi 72 dpi dengan warna background transparent.
Membuat Dokumen
1

Langkah kedua, adalah mewarnai keseluruhan area kerja dengan warna hitam. Caranya dengan mengaktifkan paint bucket tool (G) dan pastikan warna foreground adalah hitam.klik pada lembar kerja, maka kini lembar kerja akan berubah menjadi warna hitam.

warna background
2

Buat layer baru dengan cara klik ctrl+Shift+N kemudian beri nama layer dengan nama “teks” dan klik ok.
membuat layer baru
3

Dengan horizontal type tool (T) buat teks sesuai keinginan Anda, dalam tutorial ini penulis menuliskan nama sendiri. Atur font menjadi  Franklin Gothic Heavy  dan ukuran menjadi 72 serta warna menjadi putih seperti gambar.
membuat teks
4

Dengan menggunakan move tool (V) pindah tulisan ke tengah area lembar kerja kemudian klik ctr+T untuk memperbesar tulisan,  perbesar hingga tampak seperti gambar.
perbesar tulisan
5

Klik kanan pada layer teks kemudian pilih Rasterize type.
rasterize type
6

Klik Filter > Filter Gallery kemudian pilih Sketch > Halftone pattern. Atur  size menjadi 1 dan contrast 0 serta pilih pattern type dot. Kemudian klik ok
efek1
7

Langkah selanjutnya klik kembali klik Filter > Filter gallery dan pilih Artistic > Smudge stick dan atur setting-an seperti gambar.
efek2
8

Klik dua kali pada layer teks sehingga muncul tampilan kotak dialog layer style. Centang pada drop shadow kemudian sesuaikan dengan gambar.
efek drop shadow
9

Kemudian centang inner shadow atur distance menjadi  9 dan size menjadi 4 blend mode multiply.
efek inner shadow
10

Selanjutnya centang gradient overlay dan ubah blend mode menjadi overlay.
efek color overlay
11

Langkah terakhir adalah mengganti background.klik  icon seperti gambar dan pilih gradient.
membuat layer gradient
12

Atur warna gradient seperti gambar.
pengaturan gradient
13

Hasil Akhir
14
Hasil Akhir
Penutup
Nah, teks efek “letter press” bertekstur kita sudah jadi, dengan software Adobe photoshop kita tidak perlu repot-repot membuat efek tulisan se-keren ini. Cukup mudah dan mengasyikkan bukan?

Sumber: Bisakomputer.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close