Twibies Plagiat Trending Topic Sejak 9 Juni

13.28.00
Penggemar SNSD (Girls' Generation) di Indonesia yang tergabung dalam wadah Sone kembali melancarkan serangan kata-kata kepada Cherry Belle (Chibi).

Serangan kali ini, mereka ingin memeringati "ulang tahun" ke-2 Chibi yang menurut para Sone telah melakukan plagiat dari karya SNSD.

Sejak kemarin, hashtag #2ndAnniversaryTwibiesPLAGIAT bertahan di posisi lima besar Trending Topic Indonesia. Para Sone sepertinya sengaja memobilisir para pengguna Twitter yang simpati kepada SNSD untuk menulis kembali hashtag tersebut di akunnya.
Apa alasan para Sone melakukan ini? Sebenarnya, hal ini sudah berlangsung lama. Sejak pertengahan tahun lalu, seseorang ada yang memuat pernyataan Yuri dan Seohyun personel grup SNSD yang intinya mereka tak suka lagunya "dicontek" Chibi. Ada juga gembor-gembor mereka tak ingin ke Indonesia karena masalah plagiat itu.

Namun, ternyata tak terbukti SNSD melakukan pemboikotan. SNSD menemui penggemar Indonesia di ajang SM Town World Tour III yang digelar secara besar-besaran di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), 22 September 2012. Artis-artis SM lainnya hadir Super Junior, TVXQ, SHINee, SNSD, SHINee, BoA, Kangta, EXO, dan f(x).

Namun, para Sone tak mengeluarkan satu jurus saja. Di dunia maya, banyak blog milik Sone menjelaskan alasan Chibi bisa dibilang grup plagiat. Mereka menyandingkan foto-foto milik SNSD, dan Chibi dengan gaya yang hampir mirip. Salah satunya, blog milik http://sdftyujklvbn.blogspot.com

Tak hanya itu, lagu pun di-compare. "My Child" milik SNSD beberapa bar mirip lagu "Beautiful"-nya Chibi. Selain itu, beberapa bar "Mabinogi"-nya SNSD mirip lagu "Love is You".

Lagu "Kissing You" (SNSD) juga dipercaya Sone beberapa barnya hadir di lagu "Best Friend Forever"-nya Chibi.

Tapi, bukan berarti Chibi tak punya antitesa mematahkan tuduhan para Sone. Di situs Cherrybelle-zone.com, entah fans atau manajemen Chibi menjawab tudingan plagiat.

Di situs ini, Chibi menjelaskan tidak melakukan plagiat.

"Memang cukup mirip sih. Terserah saja kalau mau dibilang plagiat. Tapi bagi saya, lagu "Best Friend Forever"-nya Cherry Belle tetap punya perbedaan dengan lagu "Kissing You"-nya SNSD," ungkap mereka.

"Lagipula, apakah ada hukum yang mengatur masalah kemiripan lagu ini? Sampai batas berapa persen sebuah lagu bisa layak dianggap sebagai plagiat dari lagu lain? Rasanya sulit sekali mengukurnya. Okelah, antara lagu "Kissing You" (SNSD) dan "Best Friend Forever" (Cherry Belle) memang sangat mirip pada nada tertentu di bagian opening, reff, dan penutupnya. Tapi itu pun hanya sebagian," sambungnya.

Mengenai pose di foto yang mirip SNSD, di situs ini pun memberikan pembelaan terhadap Chibi.

"Masa gaya standar cewek dalam berpose seolah-olah adalah hak paten para personel SNSD yang hanya mereka saja yang boleh melakukannya. Padahal, sebagian pose/gaya SNSD yang sering dianggap ditiru oleh Cherry Belle itu adalah gaya/pose yang sudah sangat umum." Dan masih banyak lagi penjelasan lainnya.

Sumber: okezone.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close