Posting Link Otomatis ke Jejaring Sosial dengan JetPack

20.24.00
Bukan rahasia lagi bahwa jejaring sosial adalah tempat pertama yang dikunjungi seseorang ketika menghidupkan komputer dan tersambung ke internet. Jejaring sosial bahkan menjadi tempat pertama yang dituju ketika seseorang sedang atau baru saja mengalami sesuatu seperti sedang galau, baru saja putus cinta, baru saja ribut dengan pacar atau bahkan kehilangan dompet sekalipun. Fenomena ini dimanfaatkan oleh sebagian blogger untuk menjaring lebih banyak pengunjung dengan cara membagikan postingan blog ke jejaring sosial. Tapi sebagian blogger mengaku tidak sempat membagikan link postingan, sehingga tidak dapat memanfaatkan peluang yang ada. Jika Anda salah satu dari mereka yang menghadapi masalah yang sama, sebaiknya gunakan plugin Jetpack dan manfaatkan fitur submit otomatis postingan blog ke jejaring sosial, bagaimana caranya? Kita akan coba ulas lebih lanjut.
Langkah pertama tentu Anda harus meng-instal plugin Jetpack, buka dashboard blog Anda dan arahkah kursor ke menu tab Plugins dan klik Add New.
Add New
Pada halaman direktori plugin, klik menu link Popular dan temukan plugin bernama Jetpack by WordPress.com lalu klik Install Now dan klik OK untuk konfirmasi.
Install
Tunggu proses instalasi selesai kemudia klik Activate Plugins untuk mengaktifkan plugin yang baru saja Anda Install, Setelah itu Anda akan dapat menemukan menu baru bernama Jetpack, jangan lupa melakukan integrasi pluginJetpack ke akun WordPress.com Anda. Selanjutnya temukan menu Publicize lalu klik tombol Configure.
Configure
Pada halaman pengaturan Publicize Anda akan menemukan beberapa ikon jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedln, Tumblr dan Yahoo. Kita akan coba satu di antara jejaring sosial tersebut, klik menu link Add New Twitter Connection tepat di sebelah ikon Twitter.
Twitter Connection
Klik tombol Authorize App, silahkan login dahulu apabila diminta. Tunggu hingga proses integrasi selesai. Klik tombol OK jika ada konfirmasi di layar komputer.
Proses
Sekarang blog Anda telah terintegrasi dengan jejaring sosial Twitter, Anda dapat melihat ID twitter Anda di halaman Publicize.
Id Twitter
Lakukan hal yang sama pada jejaring sosial lain, kita coba facebook. Klik menu linkAdd New Facebook Connection > Ke Aplikasi > Izinkan.  
FacebookMeminta Izin
Sekarang blog Anda pun telah terhubung ke akun jejaring sosial Facebook.
Facebook
Sekarang dan selanjutnya apabila Anda melakukan posting maka link postingan blog tersebut Akan dipost ke Twitter dan Facebook Anda secara otomatis. Tambahkan jejaring sosial lain yang tersedia di halaman Publicize seperti Linkedin, Tumblr dan Yahoo, pastikan terlebih dahulu bahwa Anda memiliki akun di jejaring sosial tersebut.

Penutup


Membagikan postingan blog ke jejaring sosial merupakan metode yang cukup efektif untuk menjaring pengunjung atau dapat juga meningkatkan penjualan. Beberapa blogger bahkan lebih kreatif dengan membuat beberapa akun jejaring sosial sehingga dapat mendongkrak lalu lintas pengunjung blog ke level yang lebih tinggi.

Share this :

Previous
Next Post »

1 komentar

close
close