Melatih Naluri Ayam Bangkok Untuk Menjadi Ayam Tarung Tangguh

22.08.00
Layaknya sebuah pertandingan sepak bola dimana sang striker harus punya naluri untuk mencetak gol, demikian juga dalam kancah ayam aduan, ayam petarung harus mempunyai naluri untuk menang untuk bisa menjatuhkan lawannya. Pada suatu pertarungan, naluri bias juga menjadi salah satu faktor penunjang yang menentukan kemenangan. Seperti pada ayam Bangkok misalnya, kebanyakan ayam Bangkok mempunyai keunggulan pada keberaniannya atau lebih dikenal dengan istilah “hati”. Untuk petarung yang baik memang harus dipilih ayam yang tidak kenal takut dan berani. Ayam dengan naluri yang baik, biasanya menunjukan sifat tidak mau kalah dan terus bertarung tanpa mengenal lelah. Lebih membanggakan lagi ada yang bertarung sampai mati.



Jika menginginkan hasil yang lebih baik, sebaiknya merawat ayam sejak bakalan, yaitu pada umur sekitar delapan bulan. Dengan merawat dan melatihnya selama sekitar tujuh bulan akan diperoleh ayam petarung yang benar-benar andal. Ayam yang memiliki teknik terbaiklah yang dipilih. akan tetapi, ada juga yang lebih senang melatih sejak bakalan hingga menjadi ayam petarung yang baik. Untuk mendapatkan yang terbaik, tentunya harus diperhatikan berbagai hal yang membuat seekor ayam petarung menjadi sempurna. Naluri pada ayam memang sangat susah untuk dibentuk atau ditentukan, tidak seperti kemampuan fisik yang bisa dilatih dengan training, naluri hanya perlu dilakukan proses penjagaan saja. Naluri ayam untuk bertarungsebenarnya sudah ada sejak ayam masih kecil. Dan naluri tersebut akan tumbu seiring dengan pertambahan usia ayam. Namun dalam perkembangannya tersebut sering kali ayam mengalami berbagai macam hal gangguan dari luar, baik gangguan yang dating dari lingkungan ataupun dari ayam-ayam lainnya.

Gangguan tersebut biasanya akan tertanam dalam pemikiran ayam dan tersimpan dalam memori. Apakgi jika gangguan tersebut sampai membuat ayam traumatis, alhasil naluri petarungnya akan mengalami gangguan. Untuk menjaga agar naluri bias tetap terjaga dengan baik,factor lingkungan akan sangat memberikan andil besar. Selain itu, yang paling penting adalah jangan sampai membuat ayam menderita trauma, terlebih-lebih akibat latihan tanding dengan ayam unthulan. Menyesuaikan unthulan dengan ayam yang akan dilatih sangat disarankan.

Sumber: ayamaduan.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close