Senin, 12 Agustus 2013

Posted by Echo Last Mild | File under :
PERSIAPAN AIR AYAM MAU ADU
Ronde 1 ada moment penting bagi Ayam aduan untuk menentukan kemenangan.Pada saat stamina Ayam tsb masih good form,maka Ayam dpt memukul sekuat tenaga dan akurat.Maka dlm membasahi sebelum ronde 1,harus dilakukan dgn Becik/baik.Ayam jangan terlalu basah,dan peresapan air harus pada bagian tubuh tertentu serta pengompresan yg continue.
Harus diingat juga,Ayam berjalu dan polos berbeda prinsip basahinnya. Tidak bisa disamakan. Ayam jalu butuh kecepatan pukul, maka jangant erlalu basah biarkaki/jalucepatnaik. Kalau terlalubasah, terlambat 'bukaurat', bisakecolonganjaluduluan... Ayam polos butuh stamina utk pertarungan yg lebih lama. Maka mandiin agak lebih basah. Kalau kurang basah, meskipun kaki langsung 'naik', stamina/napas cepat habis. Bisa kedodoran di ronde berikutnya.kalo Ayam jalu karena diperlukan kelincahan dan kecepatan penyelesaian, maka pembasahan di leher dan bawah syap jgn terlalu banyak, sebaiknya lebih ke daerah bawah badan. kalo Ayam lepek agak lebih basah di leher, tapi jgn terlalu basah karena akan pengaruh ke solah Ayam (bisa solah bawah kalo basah sekali), utamakan pembasahan di daerah belakang/pangkal ekor atas dan bawah) karena Ayam lepek akan bertarung lebih lama, jadi harus pandai jgn sampe Ayam kobong/kehabisan napas Di antara binatang lain, Ayam memiliki keunikan dalam pertarungan. Dua ekor Ayam yang berhadapan, tidak serta merta berkelahi begitu saja. Ada tiga tahap dalam pertarungan Ayam, yaitu: tahap penjajagan (abar), tahap pertarungan, dan tahap penyelesaian.



MELATIH AYAM SIAP ADU
Ayam Bangkok akan menjadi nyata ketika seekor Ayam sudah bisa bertarung dan menang dalam suatu situasi yang di sepakati bersama antara pemilik satu dengan yang lain. Jika membahas tentang pelatihan Ayam Bangkok maka dapat di golongkan dalam dua katagori:
1. Ayam yang Sudah Dewasa (1-1,5tahun) Ayam yang sudah desawa mulai di latih sejak masih remaja (8 bulanan) misalnya:
- di jemur setiap pagi dari jam 7.30-8.30 tujuannya mengatur sikulasi darah dan melatih Ayam dalam kondisi panas sehingga pada akhirnya nafas dan metabolismenya lebih teratur. Ini adalah pola dasar yang wajib sifatnya proses ini di ekipalenkan pada saat Ayam sedang bertarung di mana suhu tubuhnya akan naik hinggal 2x lipat karena Ayam di katagorikan jenis hewan berdarah panas.
- Mulai di abar/ sparing dengan usianya sama atau tidak jauh berbeda, jangan pernah melatih dengan Ayam yang sudah turun arena kita Ayam belum mempunyai urat/ otot.
- Pola makan harus di perhatikan karena jika tidak sesuai Ayam bisa rusak sebelum bertempur di arena. Kondisi ini sesring terjadi pada Ayam pemula akibat kecerobohan pemiliknya.
- Kuning telur di tambah madu adalah minuman wajib bagi Ayam pada masa latihan minimal 2x seminggu.
- Sparing sekali dalam 2 minggu selama 2x15 menit pada usia 10 bulan
- Pada usia 1 tahun sudah harus menang minimal satu kali dengan kemenangan di bawah ronde.
- Dan pada saat Ayam memasuki usia 1,4 tahun Ayam sudah menag 3 kali pada saat ini Ayam memasuki masa istirahat dan akan mulai ganti bulu.
2. Ayam yang Sudah Ganti Bulu/ Ngurak.
- Ayam yang sudah ganti bulu Organ tubuhnya semakin sempurna, tulangnya semakin masif, mentalnya semakin matang, hanya kekurangannya urat/ ototnya harus di entuk lagi dengan latihan bertahap. Kelebihan Ayam yang sudah ngurak adala lebih cepat membentukan ototnya, pukulannya kebih tembus (mempunyai tenaga dalam) pada Ayam tertentu dengan pola latihan tertentu, daya terima pukulan/ pertahanannya lebih baik.
- Secara garis besar proses latihannya sama dengan Ayam yang baru di latih hingga menjadi petarung yang tangguh dan tak terkalahkan.
- Masih banyak lagi pembahasan dan pola berbeda tergantung, teknik pukulan karakter Ayam yang di tangani/ di miliki misalnya;
- Renang, Jantur, Bandul, Muter, Pale, Push up, Regangan sayap, Otot Dorong, Otot pukul, otot adu leher dll, semua itu dalah pola-pola latihan yang sering di terapkan para Bobotoh dalam dunia pertarungan Ayam sesuai Ayam yang di tanganinya. Semoga membantu bagi rekan penghobi.

MENUMBUHKAN KEMBALI TAJI YANG PATAH
Jalu patah bisa terjadi saat di abar
Taji Ayam pempunyai 2 lapisan. Lapisan luar adalah tulang, bersifat keras sedangkan bagian dalam lunak.Mulai Ayam kecil, taji Ayam terus mengalami pertumbuhan hingga yam dewasa. secara alami taji digunakan untuk memeukul lawan atau memukul benda keras yang dirasa membahayakan Ayam. Jika taji patah maka bagian dalam akan mengering dan terkadang tidak bisa tumbuh lagi.Bagaimana jika terjadi taji Ayam kesayangan patah, maka buatlah ramuan yang terdiri dari campuran serbuk tempurung dan madu.selanjutnya oleskan pada taji yang patah. patahan tidak akan mengering dan memungkinkan untuk tumbuh lagi.Taji Ayam sejenis dengan bulu landak juga sirip ikan. Secara normal tumbuh pada kaki bagian belakang diatas jari kecil Ayam yang menghadap kebelakang.Ada Ayam yang istimewa karena memiliki taji di 1 kaki.

MERAWAT TAJI SEBAGAI SENJATA
Perwatan taji yang bisa dilakukan adalah mengusapnya dengan kunyit,” kunyit dapat membuat taji padat,kuat dan halus, dengan pemberian kunyit warna taji semakin mantap , selain itu pemilik juga harus mampu merawatnya memekai ampelas yang paling halus. sebelum di mapelas, taji tersebut dapat diruncingkan dengan silet atau pisau, bentuknya dapat kita sesuaikan dengan kebutuhan, seperti taji lutus dengan ujung runcing atau taji melengkubng dengan ujung runcing setelah itu baru diampelas pelan-pelan. pengampelasan jiga harus dilakukan secara periodik, karena taji dapat tumbuh dan kondisinya kadang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan, karena itu pengasahan taji harus selalu diperhatikan. Strategi yang juga harus diperhatikan dalam menghadapi Ayam petarung lain yang juga bertaji adalah harus dilakukan pengamatan bentuk taji, jika bentuk dan ukurannya sama kita tinggal mempertajam atau memperuncing taji.”setelahAyam dibandingkan dan sepadan dengan Ayam lawan, tidak langsung tinggal diam, menjelang sabung terlebih dahulu taji Ayam diasah dahulu dengan ampelas, untuk memastikan ketajamannya, baru setelah itu kakinya dibasuh dengan air dan dikeringkan dengan kain, jangan lupa jiga harus memberinya makan seggengam nasi, sebagai syarat saja.

MENJEMUR AYAM
Seberapa lama dan rutinitas kita dlm menjemur Ayam.Tiap2 botoh mempunyai perlakuan yg berbeda dlm menjemur Ayam.Dari tingkat kebasahan dan waktu menjemur Ayam.Semua mempunyai maksud yg sama,agar Ayam jadi sehat dan merah.
Kebanyakan org beranggapan menjemur Ayam untuk:
1.Melatih pernapasan Ayam,semakin tahan Ayam dijemur semakin kuat napas Ayam.Padahal ini salah!Perlakuan ini akan merusak metabolisme Ayam,karena Ayam hewan berdarah panas dan tidak seperti manusia dpt berkeringat untuk proses pendinginan. 2.Menghilangkan perlemakan.Hal ini tidak 100% benar,karena semakin enteng Ayam,maka tenaga dan stamina akan berkurang untuk pertarungan yg memakan 5 ronde.Kecuali Ayam anda tarungkan untuk tarung pisau. Padahal tujuan menjemur Ayam adalah:
1.Mengeringkan bulu yg basah sehingga Ayam tidak kedinginan. 2.Sinar matahari pagi untuk proses vitamin D.
3.Memerahkan kulit Ayam dan menyehatkan Ayam. 4.Mencegah kutu. Jadi menjemur Ayam cukup seperlunya,karena kemenangan ditentukan bukan lewat jemuran!
PENGARUH PIJATAN/PALE PADA AYAM ADUAN
sudah lama ingin kutanyakan masalah ini,minta pendapatnya ya!SEBERAPA PENTING PIJATAN/PALE PADA AYAM ADUAN?
Menurut saya pijatan cukup penting untuk daerah sayap, dada, paha, kaki, leher dan muka gunanya untuk melenturkan dan mengencangkan otot pada bagian tersebut untuk mengantisipasi pukulan lawan pada bagian ini. Pale dapat menambah kecepatan dan keseimbangan.Saya pikir anda dan rombongan anda bisa jadi benar dan tidak ada yang perlu di koreksi atau di luruskan... Sebab semua yang kita utaran di forum ini adalah pengalaman dan bukan Pakem atau teori konstan. Jadi pandangan berdasar pengalaman bisa saja berbeda dari teori yang sama. Urut yang saya maksud disini bukan mengurut dengan jari-jari tetapi dengan lengan, kepala Ayam tidak di pegang tetapi di di putar kekiri dan kanan dengan menggunakan lengan jadi otot yang terbentuk lebih lentur dan tidak kaku. Tetapi semua Ayam jika terpukul berat pada bagian leher biasanya efek yang timbul akan seperti itu dan bukan karena metode urutnya, justru dengan mengurut akan membentuk otot pada leher sebagai tameng dari pukulan lawan. Menurut saya begitu... bos !
Latihan bawah.
Ayam gaya main kontrol diatas terus, latihan apa yg cocok untuk diterapkan?
Gaya tarung Ayam anda tergolong jenis atas murni biasanya jenis ini kesulitan pukul bawah terutama jika menghadapi Ayam gaya selam yang rapat kedasar dan masuk dari arah depan. Untuk itu cara mengantisipasi kesulitannya mungkin latihan yang perlu di berikan adalah;
1. Pada saat memberi makan tempat makannya tidak lebih tinggi dari temboloknya.
- Akan Lebih baik jika saat memberi makan, tempat makanannya di gerakkan ke kiri dan ke kanan dengan ketinggian dari dasar +- 1.5cm. Ini pun harus di ikuti irama langkah kaki Ayam menyilang ke kiri kemudian ke kanan. (satu langkah silang kekiri dan satu langkah silang ke kanan) dan seterusnya. sesekali di putar mengitari tubuh Ayam layaknya gerakan kepala Ayam lawan dan sesekali gerakan maju dan mundur di antara kaki Ayam. Latihan ini di lakukan pada saat Ayam dalam kondisi lapar dan temponya sekitar 15 menit saja, jangan terlalu lama nanti selera Ayam akan terganggu. Manfaatnya untuk melatih otot tengkuk pada Ayam kita.
2. latihan leher di atas tergeran yang berayun. Gunanya agar Ayam pada saat melepaskan pukulan bawah tidak ragu-ragu dan setelah melepaskan pukulan Ayam sudah pada posisi siap kembali, tidak jatuh. Karena kadang Ayam kita pada saat melepaskan pukulan bawah sudut pukulan sangat sempit dan berakibat jatuh atau salah posisi pada saat berdiri.
Latihan ini di lakukan dengan gerakan sempurna secara perlahan dan di naikkan temponya secara bertahap setiap hari pada saat Ayam kita akan di beri makan. Jangan khawatir gaya atasnya akan hilang.
Demikian saran saya, semoga bermanfaat. Jika ada rekan yang ingin menambahkan silahkan. Selamat mencoba. Thanks and Regards, Yayan Seamen.
MENGUATKAN PUKULAN AYAM
Ayam saya ini jenis lepek(jalunya hanya sebesar biji jagung) dan bobot pukulannya tidak begitu keras, namun Ayam saya ini cukup rajin, yg ingin saya tanyakan gimana ya mas yayan supaya bobot pukulan Ayam saya dapat ditingkatkan?Latihan renang dan pada kedua kakinya di beri pemberat masing-masing 1,5 ons.Sebelum berenang Ayam di beri gula merah sebesar satu ruas ibru jari sebanyak tiga potong agar Ayam tidak terlalu dingin. Pada saat berenang ayam jangan di lepas tetapi ekornya tetap di pegang. lakukan selama 20 menit setiap 3 minggu sekali. Tetap di beri telur minimal 2 hari sekali KALAU AKU PAKAI TREADMILL UNTUK MELATIH STAMINA AYAM.ITU SUDAH TERBUKTI,AYAM2KU TOP FORM TERUS DENGAN ASUPAN GIZI DAN JAMU YG CUKUP
PERAWATAN PASCA TARUNG AYAM ADUAN
Ayam akan mengalami kelelahan luar biasa setelah bertarung dlm waktu yg cukup lama,atau bertarung dgn musuh yg sama kuat.Bila perawatan pasca tarung diabaikan,bisa berakibat buruk thd Ayam tsb.Umumnya kelumpuhan dan badan menjadi kurus kering,hingga ada istilah AYAM SOAK,akibatnya mental Ayam bisa rusak. Maka ada beberapa tahap dlm menangani Ayam setelah bertarung:
1.PERAWATAN LANGSUNG SETELAH TARUNG
teteskan langsung cairan antibiotik pada luka,pemberian obat luka seperti larutan Iodium yg membakar kulit akan meninggalkan bekas keropeng,yg membutuhkan lama untuk mengelupas.Suntik juga Ayam. Hentikan semua pendarahan,biasa dipakai bubuk kopi.Usahakan dijahit jika ada pembuluh darah yg bocor atau putus.Teteskan cairan antibiotik yg tidak mengandung iodium,agar tidak meninggalkan bekas keropeng. Bila paruh terlepas,usahakan pasang kembali dgn cara mengikat paruh dgn benang ke jengger.Bila paruh tdk dipasang kembali,akan mengakibatkan cacat setelah sembuh,Ayam akan kesulitan mematuk. Berikan gula merah untuk digunakan sebagai sumber karbohidrat yg mudah diserap Ayam.Setelah dibawa pulang,sebaiknya Ayam ditempatkan agak menyendiri.Jangan terlalu dekat dgn jago lain.Setelah mau makan anda bisa mengumpulkan dgn Ayam betina untuk membangkitkan semangat/naluri kejagoannya.
2.SEHARI SETELAH TARUNG DAN BERIKUTNYA
Umumnya Ayam tdk mau mkn setelah mengalami kelelahan yg amat sangat,berikan susu cair dgn cara pemberian langsung ke dalam tembolok dgn menggunakan suntikan ukuran besar yg ujung dikasih selang.Bila Ayam tdk mau makan,jgn terlalu memaksa dgn cara meloloh pada hari pertama hingga hari ketiga.Pada tahap ini usahakan pemberian karbohidrat dan protein yg mudah dicerna,karena pencernaan Ayam masih blm optimal. Hari keempat boleh berikan sedikit pakan Ayam pabrik dicampur susu cair.Jika terlanjur dikasih makanan yg keras hingga tembolok tdk turun/pengerasan tembolok,makan dpt diberikan obat pembantu pencernaan yg banyak dijual bebas di apotik.Jangan memberikan makanan yg keras,berikan lagi gula merah dan susu serta vitamin mineral.Jangan lupa air minum harus tersedia setiap saat.
3.LATIHAN SETELAH SEMBUH
Minimal 2 minggu setelah bertarung anda boleh melatih lagi Ayam anda jika menang dlm waktu singkat.Lakukan latihan sparring kurang
10 menit.Usahakan Ayam mendapat istirahat cukup dan asupan gizi yg cukup.Jgn terburu nafsu menarungkan kembali Ayam anda.Bila kondisi Ayam blm TOP FORM,akan mempengaruhi mental si Ayam sehingga bisa lari sendiri pada saat bertarung atau teknik tarung yg berubah.
PROBLEM OTOT AYAM ADUAN
Akibat perlemakan yg berlebihan pada Ayam aduan,mk Ayam akan kesulitan memukul dan bernapas dlm bertarung dan berlatih.Ayam akan jd bantat bila lemak berlebihan pada otot dada Ayam.Deposisi atau penimbunan lemak bisa terjadi secara 3 macam pd Ayam.Pertama deposisi pada rongga perut,kedua deposisi pd dlm otot dan ketiga deposisi diantara otot.Pada kasus ini Ayam cenderung gemuk,ingat para petinju akan megalami kesulitan
bergerak bila berat badan naik lebih dr 5% dr berat ideal tubuhnya. Bentuk lain dr penyimpangan otot adalah otot yg kaku karena salah melatih Ayam aduan.Umumnya kesalahan ini akibat melatih Ayam dgn beban dan pijatan/pale yg berlebihan pd Ayam.Kedua penyimpangan bentuk otot ini akan mengakibatkan Ayam tdk dpt memperlihatkan kebolehannya pd saat pertarungan terutama pada saat Ayam mendapat sudut ruang pukul yg agak sulit.Biasanya Ayam akan memukul dgn baik jika mendapat kesempatan dr depan dgn jarak renggang yg baik.Selain itu otot dada yg berkembang berlebihan atau kaku akibat penimbunan lemak akan menghambat Ayam utk memukul dan bergerak,walaupun mempunyai otot kaki yg lentur.
Pada Ayam aduan porsi dan type makanan sangat berperan penting dlm membentuk otot yg ideal.Bila Ayam terlalu gemuk,usahakan mengurangi jatah makan sehingga tidak ada sisa karbohidrat yg berlebihan di dalam tubuh hingga tersimpan menjadi lemak.Penjatahan makan harus hati2,karena
Ayam dgn berat dan latihan yg berbeda sudah barang tentu butuk jumlah makanan yg berbeda pula. Penjemuran Ayam yg berlebihan akan merusak metabolisme Ayam.Ayam menjadi kurus dan dehidrasi,sehingga merusak stamina Ayam. Pendekatan kedua untuk memperbaiki tekstur otot setelah diet yg ketat adalah menjantur Ayam pd permukaan yg licin dan keras.Usahakan Ayam terbang dan lari dlm waktu yg tidak terlalu lama,kira2 20 detik.Latihan lari mengitari babon dlm kurungan dan menyuruh Ayam kipu adalah salah satu cara menjaga kelenturan otot Ayam aduan. Memakankan temukunci yg dibakar pada Ayam dpt membantu mengurangi kebantatan Ayam aduan.
MENGUATKAN TUNGKAI KAKI
AyamLaga kita pada saat bertarung tak jarang mengalami cidera pada bagian kaki, misalnya patah jalu atau tedun rambat (flek merah)
pada sisik tungkai kaki. Hal ini dapat di minimalisir dengan cara: Mengurut tungkai kaki dengan menggunakan jari tangan dan minyak gosok (Cap tawon) ini sangat efektif dan sudah terbukti. Ayam dalam pertarungan panjang tungkai kakinya akan tetap aman. Mengurut tungkai kaki akan menguatkan lapisan jaringan pada sisik kaki. Bagian yang perlu di perhatikan adalah tungkai dalam (sisi dalam) karena bagian ini paling sering berbenturan kemudian Jari di bawah jalu (Jari belakang) dan bidang antara jari belakang dan jari dalam. Bagian ini adalah pemukul terhadap lawan dan tak jarang mengalami cidera setalah bertarung dalam ronde panjang apa lagi jika sang Ayam mempunyai pukulan keras. Lakukanlah perawatan (mengurut) ini setiap hari pada sore hari. Agar Ayam kesayangan anda terhindar dari resiko cidera.
MENGERASKAN TULANG AYAM
Kalu dari dalam harus sejak kecil secara terus menerus di beri kalsium tablet misalnya calact tetapi seminggu sekali atau paling dekat jaraknya setiap 4 hari. Maka tulangnya akan keras seperti besi. hasilnya pukulan akan lebih tembus.
MERAWAT AYAM LANCURAN SEBELUM TERJUN KE KALANGAN
Ayam jantan mulai dewasa setelah umur 6 bln,pada masa ini sperma sudah mulai terbentuk dan mulai mengejar dan ingin mengawini Ayam betina.Proses pertumbuhan badan berhenti setelah 10 bulan,ketika semua bulu di leher sudah tumbuh tuntas.Pemberian pakan yg optimal pada masa akhir pertumbuhan ini sangat penting,dan sangat berpengaruh thd kualitas tulang antara lain bentuk,ketebalan,kekuatan dan panjang tulang yg optimal.Pakan ideal pada saat itu adalah pakan yg kadar protein 14% dgn tambahan mineral.Bila Ayam muda sudah diberi gabah,beras merah atau jagung maka pertumbuhan tidak akan optimal. Setelah Ayam mulai dewasa akan terjadi pertarungan dlm kelompok untuk memperebutkan posisi ketua/leader of peck yg akan menguasai seluruh babon.Hati2 pada masa ini,jgn sampai Ayam rusak akibat pertarungan.Pisah segera jika terjadi pertarungan. Setelah Ayam berumur sembilan bulan atau setelah bulu tumbuh tuntas,anda dapat mengurungnya secara terpisah.Rubah pakan menjadi gabah,beras merah atau jagung.Mulai mandikan Ayam dan jemur dlm waktu singkat.Setelah 2 minggu baru mandikan dgn air kapur sirih untuk menghilangkan minyak di bulu Ayam.Bila minyak hilang dr bulu Ayam maka air mudah meresap dan mudah menguap jika suhu tubuh meningkat sehingga Ayam tidak merasa kepanasan.Beberapa hal penting yg hrs diperhatikan pada waktu memandikan Ayam dgn air kapur sirih,pertama gunakan air kapur sirih yg sudah diendapkan/telah menjadi jernih dan kedua,jgn sampai sayap terkena air kapur sirih. Setelah lemak pada bulu hilang,kita dapat menghilangkan lemak yg berada di kulit dgn air rebusan jahe dan serai.Mandikan secara rutin agar kulit lebih kencang dan tebal serta mengurangi serangan serangga pada malam hari.Selain itu air rebusan tsb berguna mempercepat penyembuhan memar Ayam pada saat dilatih abar. Jangan terburu-buru mencoba dgn Ayam tua/jdi,karena dpt merusak Ayam muda.Kalau bisa sama2 muda hingga beban pukulan tidak terlalu berat dan Ayam tdk frustasi di tumpang gulu/adu otot.Cukup 10 menit utk abaran pertama dan istirahat yg cukup/kira2 2 minggu.Jgn lupa asupan jamu agar Ayam berstamina/jgn over dosis krn dpt merusak metabolisme Ayam.Perhatikan juga berat ideal si Ayam,jika tdk sesuai,maka lebih baik jgn dilatih fisik atai diabar dulu. Jika memiliki Ayam lancuran yg istimewa,masa perawatan ini hrs diperhatikan atau anda akan mendapati Ayam anda berubah 180 derajat/rusak.
Reaksi:

2 komentar:

  1. gan, cara mengurangi berat badan jago kita gmn dan bagus atau tidak jika bobot ayam berat? terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mendingan dikurusin aja gan, diatur makannya dua kali sehari aja beras merah untuk ayam petarung yg gesit, sama kasih jamu racikan nieh dibaca aja http://ekosutris.blogspot.com/2013/08/komposisi-jamu-untuk-ayam-bangkok-aduan.html

      kalau kurus badannya atau kecil cenderung lebih lincah gan waktu tarung

      Hapus

.