Ciri-Ciri Batu Ruby Asli Lengkap

18.54.00
Ciri Ciri Batu Ruby Asli Dari Fisiknya
Ruby merupakan salah satu batu mulia yang paling populer di Indonesia, kepopuleran ini membuat banyak orang berusaha membuat imitasinya. Berikut adalah ciri ciri batu ruby asli dari bentuk fisiknya dan tekstur batu tersebut.
Kekerasan
Batu ruby asli memiliki bentuk dan sangat keras, bahkan baja pun tidak dapat membuat gores batu permata ruby ini.

Komposisi Kimia
Rubi memiliki kekerasan 9,0 skala Mohs dalam skala kekerasan mineral karena mereka sebenarnya merupakan permata yang dibentuk dari korundum mineral. Korundum adalah bentuk kristal aluminium oksida, yang merupakan salah satu mineral yang paling tahan lama di bumi. Korundum juga memproduksi safir. Rumus kimia untuk ruby adalah Al2O3, gravitasi spesifik 3,9-4,1, dan indeks bias 1,76-1,77.
Ciri Ciri Fisik Batu Ruby
Salah satu cara mudah yang dilakukan banyak ilmuan dalam meneliti keaslian suatu ruby adalah serat yang terkandung dalam batu tersebut. Batu yang asli memiliki bentuk ketidaksempurnaan pada bentuknya, yang mana didalamnya terdapat serat yang membuat batu ini tidak terlalu jernih. Walaupun ruby yang natural banyak dijual di pasaran, namun saat ini telah ditemukan teknologi untuk menghilangkan serat yang membuat ruby tidak bening.
Warna Ruby
Warna Ruby umumnya adalah berwarna merah, namun ruby juga memiliki warna sekunder seperti oranye, ungu, violet dan merah muda. Bahkan di Indonesia sendiri batu ini dikenal dengan batu merah delima karena warna merah yang jadi khasnya.
Pantulan Sinar
Ciri ciri batu ruby asli juga dapat diamati dengan pantulan sinar cahaya yang melewatinya. Sinar yang dipantulkan terkadang dapat membentuk three-ray dan six-point star (berbentuk bintang) yang disebabkan oleh bentuk alami dari ruby yang memiliki serat serat didalamnya.

Ciri Ciri Batu Ruby Asli Yang Mudah

Ciri ciri batu ruby asli yang mudah dilihat oleh anda pecinta batu mulia agar tidak mudah tertipu antara lain adalah melihat tekstur batu tersebut. Selain itu dari sisi harga batu ini juga memiliki harga yang cukup tinggi bahkan lebih tinggi dari batu akik. Jika harga batu dijual miring sudah pasti batu tersebut adalah palsu dan hanya imitasi untuk mengeruk keuntungan.

Share this :

Previous
Next Post »

close
close