Mengapa Saat Kedinginan Badan Menjadi Menggigil ?

13.10.00
Di musim penghujan seperti ini, tubuh Anda akan rentan terkena pilek, pusing, dan juga demam. Tak jarang karena gangguan kesehatan tersebut Anda jadi mudah merasa kedinginan. Dan saat terasa sangat dingin, maka tubuh Anda menggigil dan bergetar. Pernahkah Anda bertanya mengapa tubuh Anda menjadi bergetar saat kedinginan ?

Seperti dilansir dari indiatimes.com, tubuh manusia harus tetap berada pada suhu yang stabil yaitu sekitar 37 derajat celcius untuk bertahan hidup. Ketika Anda merasa kedinginan, maka ada semacam sensor kecil di kulit Anda yang mengirim pesan ke otak Anda untuk memberitahu tahu bahwa Anda membutuhkan semacam aktivitas untuk pemanasan. Otak pun mengirim pesan ke seluruh sistem saraf di tubuh Anda untuk memberitahu otot untuk melakukan gerakan mengencangkan dan mengendurkan dengan sangat cepat. Proses inilah yang kemudian disebut dengan menggigil. Dan hasil dari proses ketika otot bergerak akan menghasilkan panas yang mampu untuk menghangatkan tubuh. Itulah sebab kenapa Anda bergetar dan menggigil ketika kedinginan.

Oleh karena itu di musin penghujan seperti ini, selalu jagalah kualitas kesehatan Anda agar tidak mudah terkena penyakit.

Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

close
close