Kenapa makhluk halus merasuki tubuh manusia?

14.29.00
EkoDoc- Tak ada ilmu pasti yang bisa menjelaskan kenapa dan benarkah seseorang bisa dirasuki makhluk halus. Namun, di beberapa bagian dunia, fenomena masuknya makhluk halus ke dalam tubuh manusia ini dijadikan sebuah pertanda dari sosok gaib. Hal ini dikarenakan penduduk setempat yakin adanya makna religius di balik terjadinya kesurupan. Ada yang mengaitkannya dengan roh leluhur, ada pula yang menghubungkannya dengan status sosial. Di Bali misalnya, penduduk setempat percaya bahwa kerasukan makhluk halus merupakan fenomena yang biasa terjadi. Orang yang kerasukan dianggap sebagai orang pilihan yang dimasuki oleh roh suci guna menyampaikan beberapa petuah kepada mereka yang masih hidup.


Sementara itu, di Afrika, kerasukan dianggap sebagai adanya rasa kecemburuan sosial yang dialami oleh roh halus tersebut. Seperti di Ethiopia dan Kenya, banyak perempuan yang kesurupan meminta makanan atau barang mewah lainnya sebelum sang roh bisa keluar dari tubuhnya. Di Tahiti, kesurupan yang dikenal dengan Vodou malah dianggap tradisi. Orang Tahiti memaksa roh halus untuk masuk ke tubuh seseorang guna mengetahui masa depan atau hal lain yang ingin mereka ketahui. Sementara, di belahan dunia lainnya, banyak yang mengaitkan kesurupan ini akibat masuknya roh jahat. Oleh karena itu, sejak lama tradisi exorcism atau pengusiran roh jahat telah dilakukan oleh manusia.
Seorang psikolog bernama Susan Blackmore pernah mengatakan bahwa orang-orang yang hidup di lingkungan yang religius akan lebih mudah mengait-ngaitkan hal tersebut dengan keberadaan makhluk halus atau kekuatan tak kasat mata. "Kasus kesurupan tersebut diperkirakan muncul karena anggapan masyarakat dengan sisi keagamaan yang kuat terlalu membesar-besarkan atau mengaitkannya dengan keberadaan makhluk halus," ungkap Blackmore seperti yang dikutip Guardian (17/02/2005). Sementara, menurut penelitian William J. Baldwin, Ph.D, bukti keberadaan makhluk halus memang sudah ada sejak zaman dahulu. Sejalan dengan pemikiran Baldwin, peneliti dari Happy Science juga mengatakan bahwa makhluk halus itu ada.

Sumber: merdeka.com

Share this :

Previous
Next Post »

3 komentar

  1. Nice Info sob,, menurut saya dengan memperbanyak iman bisa mencegah makhluk halus merasuki tubuh manusia

    BalasHapus

close
close