Minggu, 17 Februari 2013

Posted by Eko Sutrisno | File under :

Ayam yang kita sayang terkena penyakit bubulan itu sangatlah mengganggu dan bisa bikin kepala pusing tujuh keliling karena berbagai macam obat dan cara penyembuhan udah dicoba akan tetapi tidak satupun berhasil dan malah menambah parah penyakitnya, dari sekian banyak yang mengalaminya hampir rata - rata tidak berhasil untuk mengatasi penyakit yang satu ini. Penyakit ayam yang sering terjadi pada organ tubuh ayam di bagian kaki, penyakit ini sangat di kenal dengan istilah Bubul. Pada bagian telapak kaki ayam, penyakit ini adalah penyakit yang di sebabkan oleh infeksi pada bagian kaki (pada awalnya). Bisa di katakan atau di kategorikan ganas juga. Biasanya penyakit ini sangat sering di temukan ayam petarung yang diumbar bebas, tidur diatas pohon, alas kandang yang tajam, luka saat nyeker dan lain-lain yang bisa menyebabkan luka di telapak kaki. Karena penyakit bubul sering terjadi pada ayam yang sudah menginjak usia 6 bulan sampai 3 tahun ( tahap keganansan) karena pada usia ini lah sering terdapat ayam yang sudah terinfeksi bakteri. Berikut beberapa cara untuk mengatasi penyakit bubul pada ayam.



  • Mensterilkan luka dengan sebisa mungkin menjaga kebersihan luka tersebut dan memberikan alas kandang yang empuk supaya luka tidak bertambah parah. Pengobatan tergantung seberapa parah tingkat lukanya. Kalau sudah menganga lebar, sangat sulit disembuhkan. Tapi kalau masih kecil, kemungkinan masih bisa sembuh. Untuk tahap pertama, sembuhkan dulu bengkaknya dengan memberikan balsem setiap hari. Setelah bengkaknya mengecil, luka bisa disembuhkan dengan obat kutil dan ditutup plester. Jangan sekali kali mencabut lukanya karena justru akan menimbulkan luka baru. Biarkan saja lukanya keluar sendiri.
  • Jika bubul sudah tua/bengkak besar dan keras ambil paku/logam yang seukuran dengan mata bubul yang mengeras pada kaki ayam, bakar paku tersebut sampai panas benar kemudian tempelkan HANYA pada mata bubul yang keras tersebut ( hati2 jangan sampai terkena kulit ayam sekitarnya ), biarkan sesaat sampai panas merasuk dan kaki ayam dihentakkan tanda kepanasan, ulang 3 - 4 kali tindakan tersebut kemudian ayam diumbar biar jalan-jalan, lakukan hal tersebut selama 3 hari. Biasanya dalam 1 minggu mata bubul menjadi mati dan bengkak juga mengecil, ayam dijamin tidak pincang lagi.
  • Tempelkan CAPLAK / KOYOK CABE tiap 3 hari sekali diganti, insya Allah sembuh.atau menggunakan media lumpur, sekam, ayam saya ceblokin ke lumpur,sampai tapak kaki agak mekrok/keriput istilah saya, terus cuci bersih kemudian saya oles colomak, setelah bubul lepas saya umbar dgn media sekam, itu pengalaman yang sudah saya praktekan
Itu beberapa cara dari saya untuk menghilangkan penyakit bubul pada ayam bangkok. Silahkan coba cara-cara yang mana menurut anda bagus... Semoga Berhasil
Reaksi:

1 komentar:

PENGUNJUNG BLOG

Flag Counter
The Alien
Back To Top