Jumat, 24 Mei 2013

Posted by Echo Last Mild | File under :
CIRI-CIRI AYAM PELUNG BAGUS — Meskipun mirip dengan ayam kampung biasa, jika dilihat secara sekilas ayam pelung bisa dibedakan dengan ayam kampung lain. Bentuk badannya yang besar dengan pial dan jengger yang besar menjadi ciri khusus ayam pelung. Terlebih lagi jika kita bisa mendengarkan kokok ayam pelung, maka lebih mudah lagi kita mengenal apakah ayam tersebut ayam pelung atau bukan. Kokok ayam pelung memang ciri utama yang membedakan dengan ayam lain, meskipun postur dan penampilan seperti ayam pelung tetapi jika kokok pendek, nilainya seperti ayam kampung biasa.

Mengenali ciri-ciri ayam pelung yang bagus memang bukan perkara gampang, apalagi jika belum berkokok atau tidak mau berkokok. Terlebih jika orientasi kita memelihara ayam pelung untuk mengikuti kontes. Bakalan pelung yang bagus tidak menjamin menjadi pemenang, karena perawatan ayam pelung juga memiliki peranan penting.
Dalam kriteria lomba pelung memang tidak semata-mata kokok saja yang dilombakan namun itulah yang menjadi kategori lomba pelung paling populer. Karena itu bagi pemula, sebelum masuk dalam dunia ternak pelung penting untuk mengetahui ciri-ciri ayam pelung yang bagus secara teori. Dibilang secara teori, karena meski sudah menghafal ciri-ciri ayam pelung yang bagus, jika belum praktek langsung akan sulit membedakannya, apalagi jika ada beberapa ayam pelung yang kualitasnya hampir sama.

Trah ayam pelung yang bagus memang kemungkinan besar akan menurunkan anakan yang bagus pula, tetapi jika lagi apes ada kemungkinan juga dapat jelek. Ayam pelung keturunan bagus ini biasanya harganya sudah selangit, jika kita bisa memilih potensi ayam pelung bakalan yang kemungkinan bisa bagus namun belum jelas trahnya tentu harga lebih murah dan menguntungkan.

Ciri-Ciri Ayam Pelung Bagus

Beberapa ciri ayam pelung bagus yang penting untuk diketahui adalah sebagai berikut:
1. Postur tubuh ayam pelung besar dan gagah, pada jago ayam pelung dewasa beratnya di atas 5 kilogram
2. Kedua sayap kelihatan kokoh dan memiliki bulu yang mengkilap dan rapi.
3. Leher besar dan panjang dengan buku-buku yang lebat yang warnanya bervariasi. Di bagian bawah leher terdapat tembolok yang juga besar dengan posisi di tengah-tengah secara simetris.
4. Kepala bundar atau lonjong dan besar, kelihatan bersinar dan nampak memiliki sifat pemberani bahkan beringas.
5. Dada bidang dan besar serta nampak kokoh dan kuat.
6. Jengger besar dan tebal menjulang ke atas berbentuk tunggal bergerigi berwarna merah, pialnya juga besar berwarna merah.
7. Kedua kaki panjang dan besar serta kuat, cakar juga kuat, Bentuk kaki mblimbing (persegi) dengan sisik-sisik kaki yang rapi dan bersih serta menkilap. Warna kaki ayam pelung adalah hitam kebiru-biruan, hijau, atau putih keabu-abuan. Warna kaki ayam pelung yang berwarna kuning, biasanya merupkan hasil silangan dengan ayam kampung.
Untuk lebih memahami ciri-ciri ayam pelung yang bagus ada baiknya langsung praktek berburu ayam pelung kualitas bagus. Dengan berbekal sedikit pengetahuan tentang ciri ayam pelung, akan lebih menyenangkan dan selalu penawasan. Selamat mencoba.
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

.