Cara Menghilangkan Kantung Mata Dengan Photoshop

12.46.00
Kantung mata memang bisa diperbaiki dengan Concealer yang bisa didapatkan di toko-toko kosmetik, namun ada kalanya foto dijepret ketika kita sedang tidak memakai make up sama sekali sehingga mata bak panda pun tak bisa dihindarkan.

Adobe Photoshop memungkinkan kita untuk memiliki foto dengan atau tanpa make up sekalipun terbebas dari tragedi mata panda atau lingkaran hitam di bawah mata (kantung mata). Ikuti langkah-langkah berikut ini:

Buka file foto yang akan diedit di Adobe Photoshop. Klik kanan pada layer Background dan klik Duplicate Layer. Zoom in foto hingga area mata hingga sepanjang hidung terlihat lebih fokus dan detail.

Terlebih dahulu bersihkan area sekitar mata dari minyak, noda hitam atau jerawat dengan menggunakan Healing Brush Tool atau Clone Stamp Tool.



Kemudian klik Patch Tool dan mulai buat garis mengelilingi area yang hitam berkantung di bawah mata dengan mengklik dan menggeser kursor. Setelah lingkaran menutup dan terbentuk garis putus-putus seperti pada gambar, klik bagian tengah lingkaran dan tarik kursor ke area wajah yang bersih atau lebih terang (sedikit di bawah area lingkaran hitam).

Maka akan terbentuk dua lingkaran berukuran sama persis dan keduanya berisi warna kulit yang sama (lebih terang). Ketika warna kulit yang dikehendaki sudah sesuai, lepaskan mouse dan lingkaran hitam di bawah mata pun kini menjadi lebih samar.



Apabila hasilnya masih kurang terang atau masih menyisakan warna gelap di bawah mata, copy area yang baru saja diperbaiki. Gunakan CTRL+Z atau Undo untuk mengaktifkan kembali garis putus-putus yang tadinya hilang, lalu tekan CTRL+C untuk membuat duplikat dan CTRL+V (paste), seketika itu juga akan muncul layer baru.

Pastikan layer terpilih, ubah Blending menjadi Soft Light lalu klik Filter > Blur > Gaussian Blur (geser parameter hingga warna lebih menyatu dengan kulit, pada foto blur sebesar 35 piksel). Lakukan hal yang sama (mulai langkah ke-2) dengan mata yang lainnya.

Pada foto ini penulis membutuhkan satu lagi layer hasil copy untuk mata sisi kanan, sampai lingkar hitam benar-benar hilang. Kali ini Blending yang digunakan adalah Screen dan blur yang dibutuhkan lebih besar (sekitar 45 piksel). Jangan lupa beri nama layer-layer baru yang terbentuk supaya tidak membingungkan.



Hasil jadinya bisa dilihat pada foto di atas.



Penutup

Ketika membuat garis melingkar, pastikan untuk tidak memotong bulu mata yang ada. Apabila hasil Patch maupun Copy + Blur memiliki tepian yang kurang rapi atau menimbulkan noda yang janggal, hal tersebut masih dapat diperbaiki dengan Healing Brush Tool maupun Clone Stamp Tool untuk meratakan warna yang tampak kontras.Lihat Sumber Info lengkapnya disini !

Share this :

Previous
Next Post »

close
close